Technologue.id, Jakarta – Instagram sepertinya sedang gencar melawan konten negatif pada platformnya. Setelah baru saja meluncurkan fitur untuk mencegah bullying, kini Instagram menghadirkan fitur untuk menyaring informasi palsu yang beredar di internet.

Dilansir dari Techcrunch pada, Instagram akan memburamkan foto yang mengandung hoax. Pada postingan yang diburamkan terdapat keterangan “False Information” dan terdapat tombol “See Why” yang dapat diklik untuk mencari tahu kenapa konten tersebut dicap hoax.

Baca juga:

Facebook dan Instagram Bakal Blokir Influencer yang Promosikan Vape dan Rokok

Konten yang mengandung informasi palsu akan diburamkan pada semua laman, baik di lini masa, hashtag, maupun explore. Konten tersebut juga tidak bisa disebarkan ke platform lain terutama ke induk perusahaan Instagram, yaitu Facebook.

Walaupun diburamkan, pengguna tetap bisa melihat konten asli dengan jelas untuk mengetahui lebih lanjut konten hoax tersebut. Untuk melihatnya, pengguna bisa mengklik tombol “See Post” yang terdapat di bagian bawah postingan.

Untuk mengetahui postingan mengandung hoax, Instagram menggunakan teknologi image matching yang dapat mendeteksi konten yang beredar di internet telah ditandai sebagai informasi palsu.