Technologue.id, Jakarta – Instagram akan mulai memperluas uji coba tampilan privat jumlah angka Like untuk lebih banyak pengguna di seluruh dunia, termasuk sejumlah pengguna di Indonesia yang dipilih secara acak. Uji coba ini dilakukan setelah beberapa bulan lalu Instagram melakukan uji coba serupa di Australia, Brazil, Kanada, Irlandia, Italia, dan Selandia Baru.

Meniadakan hitungan Like di Instagram merupakan perubahan yang kontroversial, tetapi Instagram mengklaim bahwa feedback dari berbagai tes pasar sejauh ini tercatat positif.

“Kami mendengar respon yang positif dari para pengguna yang telah menjadi bagian dari uji coba ini, maka kami ingin mendengar dari pengguna kami di negara-negara lain,” tutur Adam Mosseri, Head of Instagram.

Pengguna yang masuk ke dalam uji coba ini tidak akan melihat jumlah Like dan View dari foto maupun video para pengguna lain yang ada di Feed mereka. Mereka tetap bisa melihat jumlah Like dan View dari postingan mereka sendiri dengan mengetuk daftar ‘Like’ yang ada di bawah postingan mereka.

Mosseri menjelaskan, langkah ini penting bagi perjalanan Instagram, karena mereka berkomitmen untuk membangun ekosistem yang positif.

“Kami terus mencari cara agar pengguna Instagram bisa merasa lebih nyaman dalam berekspresi dan fokus pada foto dan video yang mereka bagikan, dan bukan berapa jumlah ‘Like’ yang mereka dapatkan,” sambungnya.

Uji coba tampilan privat jumlah Like ini akan mulai diaplikasikan bagi sejumlah pengguna di Indonesia hari ini. Akun-akun yang masuk ke dalam uji coba ini dipilih secara acak.