Technologue.idHeadlineInstagram Rilis Fitur "Istirahat Dulu"

Instagram Rilis Fitur “Istirahat Dulu”

Technologue.id, Jakarta – Instagram merilis fitur baru di aplikasinya, yang diberi nama “Take a Break” atau istirahat. Fitur Take a Break memungkinkan pengguna untuk berhenti sejenak dari bergulir (scrolling) feed Instagram mereka.

Adapun cara kerja fitur Take a Break di Instagram adalah mengingatkan pengguna yang sudah bermain Instagram selama berjam-jam dan menyarankan untuk istirahat.

Baca Juga:
Stories Instagram Bakal Diperpanjang Hingga 60 Detik

Notifikasi istirahat ini akan muncul dengan bunyi ping kepada setiap pengguna setelah 10, 20 atau 30 menit bergulir aplikasi Instagram. Notifikasi itu pun akan menyarankan setiap pengguna untuk berhenti bergulir dan beralih aktivitas lain.

“Saat menggunakannya, fitur itu akan mengingatkan Anda untuk istirahat setelah menghabiskan waktu di Instagram—10, 20, 30 menit,” ungkap Adam Mosseri, Bos Instagram, di video yang Ia unggah di akun Twitter-nya. “Kita telah bekerjasama dengan pihak ketiga dan menerima berbagai saran untuk fitur ini dan bagaimana cara mengingatkan untuk take a break.”

Selain itu, dengan fitur tersebut Anda juga dapat mengatur berapa lama waktu yang akan Anda gunakan untuk bermain Instagram. Apabila Anda sudah mencapai batas waktu yang sudah ditentukan maka peringatan akan muncul di halaman akun Anda.

Fitur ini akan mejadi salah satu upaya Instagram untuk memberi kontrol bagi para user saat menggunakan Instagram.

Baca Juga:
Instagram Akan Gunakan Video Selfie Untuk Verifikasi Akun Pengguna

Sebelumnya, Instagram mengumumkan bahwa mereka mulai menguji fitur take-a-break pada bulan November lalu. Perusahaan tidak merilis statistik apa pun tentang persentase orang yang benar-benar keluar dari aplikasi setelah mereka menerima pengingat.

Namun perusahaan mengklaim, begitu remaja mengaktifkan fitur tersebut, lebih dari 90% tetap menggunakannya, sebagaimana dikutip dari Aljazeera.com (7/12/2021).

Pada bulan Maret, perusahaan juga berencana untuk meluncurkan serangkaian tool yang bertujuan untuk memberi orang tua lebih banyak visibilitas dalam penggunaan aplikasi oleh anak remaja mereka.

- Advertisement -