Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Instagram Umumkan Tampilan Baru untuk Antarmuka
SHARE:

Tecnologue.id, Jakarta - Instagram baru saja mengumumkan desain baru untuk tampilan antarmuka/user interface (UI). Ada beberapa elemen di bagian desain yang dipermak, seperti font, logo, dan tata letak baru. Kendati demikian, perubahan ini tampaknya tidak terlihat begitu mencolok.

Menurut Instagram, upaya ini sengaja dilakukan untuk memberikan penyegaran visual sekaligus lebih menonjolkan identitas aplikasi.

Baca Juga:
Instagram Siapkan Font Baru untuk Reels dan Stories

"Instagram punya tampilan baru. Identitas brand kami yang baru, dirancang untuk merangkul evolusi dan membantu kami menciptakan pengalaman yang lebih inklusif," kata CEO Instagram, Adam Mosseri dalam unggahannya di Twitter dengan handle @mosseri.

Lantas, seperti apa tampilan baru Instagram tersebut?

  • Font baru

Instagram memperkenalkan font baru yang diberi nama Instagram Sans. Font ini terinspirasi dari logo Instagram yang tersusun atas perpaduan bentuk persegi dan lingkaran atau yang juga dikenal dengan sebutan "squircles". Instagram Sans memiliki bentuk dan ketebalan yang cukup beragam, meliputi Instagram Sans Regular, Bold, Light, Medium, Condensed dan Condensed Bold. Font baru ini bisa dicoba di IG Stories atau Reels.

Dalam blog resmi, Instagram mengatakan perusahaan menggandeng ahli bahasa dari seluruh dunia agar bisa membuat gaya huruf baru yang sesuai dengan aksara beberapa negara, termasuk aksara dari negara Arab, Thailand, dan Jepang.

  • Logo baru

Instagram menggunakan logo baru dengan gradien warna yang lebih cerah. Pengguna Instagram nantinya akan menjumpai lebih banyak gradien warna cerah seperti warna kuning, ungu, merah muda, dan oranye.

Gradien tersebut disusun menggunakan proses pemodelan tiga dimensi (3D) untuk menghasilkan efek bergerak, sehingga memberikan kesan yang lebih hidup. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Instagram turut menggandeng 3D Digital Artist dan Motion Designer, Rose Pilkington.

Baca Juga:
4 Cara Bikin Konten Olahraga yang Epic untuk TikTok dan Instagram Reels

  • Tata letak baru

Selain dua hal di atas, Instagram juga mengubah sejumlah tata letak konten pada aplikasinya. Konten-konten yang disajikan dalam aplikasi akan diletakkan di tengah dan ditampilkan secara penuh (full-screen). Melalui upaya ini, Instagram bermaksud untuk memberikan pengalaman baru yang lebih mendalam kepada para penggunanya, sebagaimana dihimpun dari blog resmi Instagram, Rabu (25/5/2022). Sebelumnya, Instagram sudah lama dirumorkan akan merombak tata letak feed dengan menampilkan konten layar penuh, seperti tampilan TikTok.

Namun sampai saat ini, Instagram tidak membeberkan kapan perubahan ini akan digulirkan ke lebih banyak pengguna.

SHARE:

Tips Amankan Data Penting dengan Metode 3 – 2 – 1

Dukung Gaya Hidup Sehat, Chery Meriahkan Color Run Festival Jakarta