Technologue.id, Jakarta – Persaingan antara Intel dan AMD kembali memanas setelah hadirnya lini prosesor Ryzen buatan AMD. Bagaimana tidak, dengan harga yang relatif terjangkau, ia bisa menyaingi performa prosesor Intel kelas atas. Namun sekarang, mereka justru melakukan kerja sama khusus.

Mengutip dari NextPowerUp (07/11/17), AMD dan Intel tengah mencoba untuk menciptakan sebuah prosesor laptop yang CPU-nya dibuat oleh Intel, sementara pemroses grafis atau GPU-nya dirancang oleh AMD.

Baca juga:

Resmi, Kamera Depan Oppo F5 Punya Artificial Intelligence, Gunanya?

- Advertisement -

Dengan kedua kekuatan tersebut, Intel maupun AMD berharap bahwa mereka bisa membuat sebuah produk yang nantinya dapat menyaingi berbagai produk yang sudah dibuat NVIDIA. Oleh karena itu, targetnya pun akan dibidik untuk para gamer.

Baca juga:

Intel Investasi Besar-Besaran di Bidang Kecerdasan Buatan

Tak cuma powerful dari sisi performa komputasi dan pemrosesan grafis, dengan chip buatannya itu, ke depannya Intel dan AMD pun ingin bisa menghadirkan laptop yang tipis namun tetap lancar saat diajak untuk bermain game.

Baca juga:

Pencinta Alam Manfaatkan Drone Berotak Intel untuk Riset

Di sisi lain, NVIDIA sendiri sudah memiliki konsep desain bernama Max-Q yang mampu menghadirkan performa yang kencang pada bodi laptop yang tipis. Ini dimungkinkan berkat adanya CPU dan GPU rendah daya dan teknologi fabrikasi 10 nm.

Share this