Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Intel Siapkan Prosesor Panther Lake dengan GPU Xe3, Rilis 2025
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Intel secara resmi telah meluncurkan chipset seluler Lunar Lake generasi berikutnya di Taiwan menjelang Computex 2024. Sebagai penerus Meteor Lake, Lunar Lake menghadirkan arsitektur inti baru, peningkatan keamanan, dan peningkatan efisiensi daya serta grafis Xe2.

Dikutip dari Digital Trends, meskipun platform baru ini berfokus pada peningkatan kinerja dan kemampuan AI, peningkatan pada GPU tampaknya cukup menawan. Hal yang dianggap menarik ialah selama sesi pembaruan GPU, perwakilan perusahaan mengatakan bahwa Intel sedang mengerjakan “generasi berikutnya untuk Panther Lake.”

Hal ini menandakan bahwa perusahaan sedang mempersiapkan grafis generasi ketiga, yang akan diluncurkan bersama Panther Lake sekitar tahun 2025. Meskipun ini secara alami akan membawa peningkatan dibandingkan Xe2, belum diketahui sejauh mana improvement yang akan diberikan oleh Intel pada Xe3.

Diketahui lompatan dari Meteor Lake ke Lunar Lake dinilai mengesankan, menawarkan performa grafis hingga 1,5x. Mengingat Xe2 memiliki delapan inti Xe untuk platform seluler, tidak mengherankan jika Intel meningkatkannya menjadi 12 atau bahkan 16 inti pada tahun depan.

Baca Juga:
Apple Stickers Baru Bakal Diungkap di WWDC 2024

Ini bukan pertama kalinya kita mendengar tentang GPU generasi ketiga atau Xe3. Tahun lalu harukaze5719 di X (sebelumnya Twitter), melihat profil LinkedIn seorang insinyur GPU Intel yang menyebutkan GPU Arc generasi ketiga dengan nama kode “Celestial.”

Panther Lake diharapkan akan mengintegrasikan arsitektur Xe3-LPG, yang berpotensi menjadi versi Celestial Xe3-HPG. Saat ini belum diketahui apakah Panther Lake akan menargetkan segmen desktop atau seluler, tetapi yang jelas bahwa Xe3 sedang dalam pengembangan.

SHARE:

Xiaomi Buka Lowongan Kerja untuk Proyek Mobil Bertenaga Hybrid

Samsung Galaxy S25 Bakal Ditanamkan Chipset Snapdragon 8 Gen 4