Internet Lemot Saat Update OS di Android? Begini Cara Pause-nya

Ilustrasi Android (source: Google)

Technologue.id, Jakarta – Selamat Pengguna Android pasti sudah familiar dengan proses meng-update firmware ponsel. Anda hanya perlu mengoneksikan gadget Anda dengan Wi-Fi atau memanfaatkan paket internet dari provider, lalu biarkan proses pengunduhan berjalan.

Namun, tidak semua proses update over the air (OTA) berjalan mulus. Terkadang, ada saja tantangan yang tak diinginkan, seperti koneksi yang tiba-tiba terputus atau ketika Anda harus meninggalkan Wi-Fi hotspot dan membawa ponsel bersama Anda. Alhasil, proses update OTA bakal mandek di tengah jalan.

Untungnya, di Android O, hal menyebalkan itu tak perlu terjadi lagi. Di versi terbaru Android tersebut, Anda bisa mem-pause proses download system update. Kemudian saat situasi dan kondisi sudah memungkinkan, Anda bisa me-resume-nya kembali.

Bagaimana caranya? Melansir AddictiveTips (26/07/17), untuk mengecek apakah ada paket pembaruan baru, bukalah Settings, lalu pilih System, dan sentuh System Updates. Begitu ada update yang tersedia, silakan tap tombol “Download”.

Nah, ketika di tengah proses OTA Anda ingin menghentikannya sementara, masuklah ke pengaturan yang sama dan sentuh tombol “Pause Download”. Langkah serupa juga berlaku ketika Anda hendak melanjutkan kembali proses update, yakni melalui tombol “Resume”.

Pause dan resume update OTA di Android O (source: AddictiveTips)

Tentunya, pembaruan yang disediakan Google ini amat membantu penggunanya yang tidak punya koneksi internet yang bersahabat. Apalagi, ukuran paket update OTA mayor biasanya amat besar.

Sekadar informasi, Android O dijadwalkan akan tiba pada akhir kuartal ketiga 2017. Sudah ada beberapa ponsel yang tercatat bakal mendapatkannya, misalnya Google Pixel, sejumlah lini Nexus, dan OnePlus 3 plus 3T.

 

Baca juga:

Google Chrome Kini sudah Mendukung Android O

Agustus 2017, Google Akan Rilis Update Pertama untuk Android O

Q3 2017, Google Siap Luncurkan Android O

loading...