Technologue.id, Jakarta – PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan telekomunikasi berbasis satelit, mengorbitkan solusi internet satelit Ubiqu dengan kekuatan satelit teknologi terbaru.

Dengan menggunakan kekuatan satelit Nusantara Satu, Ubiqu dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia yang selama ini susah sinyal atau tidak terlayani oleh jaringan internet yang ada, misal di pulau terluar, gunung, hutan, dan tempat lainnya.

Direktur Niaga PSN Agus Budi Tjahjono mengatakan, Ubiqu memiliki slogan “Internet dari Langit” yang berarti internet Ubiqu akan dipancarkan langsung dari langit melalui teknologi satelit, sehingga seluruh masyarakat terutama di daerah pelosok sudah dapat menikmati internet satelit Ubiqu milik PSN, di manapun mereka berada di Indonesia.

“Ubiqu telah diluncurkan sejak dua tahun lalu. Namun dengan menggunakan Nusantara Satu yang merupakan satelit berkapasitas tinggi dengan teknologi terbaru yakni High Throughput Satellite (HTS), membuat internet satelit yang kami tawarkan ke masyarakat menjadi solusi yang paling terjangkau dibanding provider sejenis lainnya di Indonesia, karena memiliki kuota yang lebih besar, kecepatan lebih tinggi, namun lebih hemat di kantong,” ujar Agus.

Agus menjelaskan secara rinci mengenai Internet dari Langit yang menjadi semangat Ubiqu. Menurutnya, selama masih menghadap langit dan tidak terhalang dengan benda lain seperti pohon, rumah, dan sebagainya, internet satelit Ubiqu dapat langsung menyala dan memancarkan internet.

Sejak 2017, Ubiqu telah menggelar ribuan titik di seluruh Indonesia dengan menjadi solusi koneksi internet untuk di instansi pemerintahan, swasta/perusahaan, sekolah, pedesaan (kantor desa), Usaha Kecil Menengah (UKM), puskesmas, dan berbagai sektor pelayanan masyarakat lainnya.

“Mungkin bagi masyarakat di perkotaan yang sudah sangat terfasilitasi, sambungan internet bukan lagi permasalahan besar. Namun bagi masyarakat Indonesia di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), internet satelit menjadi solusi dan berdampak positif untuk mereka. PSN melalui Ubiqu menjadi bagian untuk mengurangi digital gap di seluruh wilayah di Indonesia,” jelasnya.

General Manager Marketing PSN Meidiyanto Andwiputro menjelaskan, dengan menggunakan satelit terbaru PSN yakni Nusantara Satu, Ubiqu kini memiliki layanan terbaru, yakni Ubiqu Xtra: Xtra Kuota, Xtra Cepat, Xtra Hemat.

Dengan demikian, seluruh layanan Ubiqu akan memiliki kuota internet lebih besar, lebih cepat, sedangkan dari sisi harga berlangganan tetap sama sehingga pelanggan akan lebih hemat.

Ubiqu juga menggunakan teknologi satelit terbaru sehingga kendala-kendala sebelumnya seperti cuaca buruk tidak lagi menjadi suatu hambatan berarti bagi kelancaran layanan internet ke pelanggan Ubiqu. Disamping teknologi yang mumpuni, Ubiqu juga melengkapi pelayanan dengan hadirnya teknisi handal di seluruh Indonesia.

Ubiqu memiliki tantangan, yakni pada proses pendistribusian dan pemasangan perangkat satelitnya. Misalnya untuk mengirimkan satu paket perangkat Ubiqu ke area pelosok saja dapat menempuh seharian penuh dengan akses transportasi yang tidak mudah. Namun hal ini tidak menghentikan Ubiqu untuk terus memberikan layanan internet yang terbaik agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Ubiqu murni produk komersial yang dikeluarkan PSN, namun kami juga memiliki tugas untuk terus melayani masyarakat dan membantu pemerintah dengan melakukan pemerataan komunikasi. Ubiqu, diharapkan dapat menjadi solusi untuk mewujudkan keadilan sosial, salah satunya terkait perolehan informasi. Sebagai contoh, saat ini Ubiqu telah menjadi solusi utama bagi masyarakat di Jayawijaya, Papua, untuk dapat memperoleh akses internet.” jelasnya.