Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

News Latest News Social

Intip Detail Pabrik Baru Oppo di Bayur Tangerang

byAnggi Maysarah - editorDenny Mahardy Jun 10, 2022

Technologue.id, Jakarta - Di tengah berjayanya Oppo di pasar ponsel Indonesia, pabrikan asal China itu berencana memindahkan pabriknya dari Mauk, Tangerang ke Bayur yang juga berada di Tangerang, Banten.

Pabrik Oppo di Mauk didirikan pada 2014, tepat satu tahun setelah Oppo resmi masuk ke pasar Indonesia. Oppo sudah melakukan topping off pabrik pertamanya di luar China tersebut pada Desember 2014.

Pabrik kemudian beroperasi penuh untuk memulai produksi smartphone pada Mei 2015. Kini di tahun 2022 Oppo sedang melakukan berbagai persiapan untuk memindahkan produksi ke pabrik barunya yang berlokasi di Bayur, Tangerang.

Baca juga:
Pindah Pabrik, Oppo Dimanfaatkan Penipu?

"Saat ini kami dalam masa persiapan pengoperasian pabrik baru yang berlokasi di Bayur, Tangerang. Kami sedang mengatur berbagai perpindahan dari pabrik lama baik pekerja, peralatan produksi danjuga mengurus berbagai aspek legalitas. Hingga saat ini, kami belum melakukan perekrutan karyawan di pabrik baru kami,” kata Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.

Direncanakan sejak 2019, Tangerang dipilih sebagai lokasi pembangunan pabrik baru lantaran perusahaan ingin kemudahan akses ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Pabrik yang sekarang berjarak satu jam perjalanan ke dan dari bandara tersebut.

Pabrik baru diklaim lebih besar lagi dari tempat produksi sekarang. Sebagai gambaran, pabrik Oppo di Mauk memiliki luas 2,7 hektare dan mampu memproduksi satu juta unit ponsel per bulan. Sedangkan jumlah pekerjanya mencapai 2.000 orang.

Baca juga:
Jualan Kamera MariSilicon X, Oppo Find X5 Pro 5G Dijual Rp15 Juta di Indonesia

Jadi bisa diprediksi pabrik di Bayur, Tangerang, bakal lebih luas, lebih banyak pekerja dengan volume produksi lebih banyak lagi. Namun Oppo masih bungkam terkait detail pabrik barunya itu.

Awas Penipuan
Terkait tentang kepindahan produksi Oppo di pabrik barunya, sampai saat ini Oppo belum melakukan penerimaan karyawan baru untuk mengisi pabrik baru.

Diberitakan Technologue.id sebelumnya, manajemen Oppo menyatakan masih banyak hal penting yang harus dilakukan guna memastikan pabrik barunya ini dapat beroperasi dan berjalan mulus.

Baca juga:
Oppo Kembali Kangkangi Samsung di Pasar Ponsel Indonesia

Pertama, melakukan pemindahan berbagai macam peralatan produksi. Berbagai peralatan tersebut tidak hanya dipindahkan secara fisik, tapi juga harus dilakukan pengaturan ulang dan berbagai kalibrasi agar dapat berproduksi serta memberikan hasil maksimal.

Selain masalah peralatan, Oppo juga akan memindahkan secara bertahap para pekerja yang sebelumnya berada di pabrik lama.

Pemindahan pekerja ini ternyata tidaklah mudah. Di mana para pekerja harus melakukan berbagai penyesuaian terhadap lingkungan baru. Terdapat juga beberapa persyaratan legalitas yang masih perlu diurus ke pemerintah, sehingga pabrik baru Oppo ini diperkirakan belum dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat.

#Oppo #OppoIndonesia #PabrikPonsel #PabrikBaruOppo #OppoPindahPabrik

Baca Juga