Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Gadget News Latest News

iOS 16 Rilis, Deretan Seri iPhone Ini Terancam Tidak Dapat Update

byDwana Muhfaqdilla - editorDenny Mahardy May 1, 2022

Technologue.id, Jakarta - Tak lama lagi iOS 16 akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa seri iPhone yang lawas tidak akan menerima update sistem operasi terbarunya.

Seperti tahun lalu saat Apple merilis iOS 15, semua iPhone yang menjalankan iOS 14 tidak bisa mendapatkan update tersebut. Hal itu cukup mengejutkan mengingat ada beberapa iPhone yang sudah berusia enam tahun atau lebih.

Baca Juga:
Daftar iPhone Bekas Harga Rp1-2 Jutaan yang Cocok untuk Lebaran

Kendati demikian, ada yang berbeda dari tahun ini. Dilansir dari Tom's Guide (30/4), mengatakan akan ada tiga seri iPhone yang saat ini menjalankan iOS 15 tidak mendapatkan update iOS 16. Ketiga iPhone yang dimaksud adalah iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE generasi pertama.

Apple tidak memberikan update iOS terbaru karena hardware yang digunakan sudah usang dan tidak memiliki performa atau ruang penyimpanan yang cukup untuk menjalankan sistem operasi versi terbaru. Seperti yang diketahui, seri iPhone 6S dan iPhone 6S Plus pertama kali diluncurkan tahun 2015, sedangkan iPhone SE generasi pertama tahun 2016.

Ketika hadir, ketiganya masih ditenagai chipset A9 yang performanya sudah ketinggalan dibandingkan A13 yang dipakai iPhone 13. Selain itu, ketiga seri tersebut paling terakhir mengusung headphone jack 3,5mm. Saat pertama kali diluncurkan menjalankan iOS 9.

Baca Juga:
Spek Gahar dengan Kamera 50 MP, Intip Spesifikasi Infinix Note 12

Selama 6-7 tahun terakhir, iOS tersebut sudah melampaui ekspetasi. Terutama jika dibandingkan dengan update yang diterima ponsel Android yang biasanya memberikan masa selama 2-3 tahun. Tetapi kabar ini masih menjadi rumor yang belum dikonfirmasi oleh Apple.

LeaksApplePro mengatakan iOS 16 akan membawa widget interaktif yang lebih besar dengan jalan pintas 'quick actions', dan peningkatan untuk aplikasi Files dan Reminders. Kemungkinan iOS ini akan debut di event WWDC 2022 pada bulan Juni mendatang.

#IPhoneSE #IPhone6S #Iphone6sPlus #UpdateIOS #IOS16

Baca Juga