iPad Pro Terbaru Sehebat MacBook Pro yang Harganya Dua Kali Lipat!

iPad Pro 2017 (source: Apple)

Technologue.id, Jakarta – Di konferensi tahunannya yang dihelat awal bulan ini, Worldwide Developers Conference (WWDC) 2017, Apple menyempatkan untuk memamerkan pembaruan model gadget andalannya, iPad Pro 10,5 inci dan 12,9 inci. Tablet itu tak cuma lebih besar dari versi orisinalnya (9,7 inci), tetapi juga punya jeroan yang lebih oke.

Berbekal chipset A10X, iPad Pro teranyar punya refresh rate yang lebih cepat saat digunakan bersama dengan Apple Pencil. Alhasil, kenyamanan user saat sedang menggambar dengan stylus tersebut meningkat karen latensinya kini hanya 20 milisecond. Layarnya pun kini lebih hemat konsumsi baterai.

Di samping itu, secara performa iPad Pro terbaru juga lebih gahar. Seperti dibuktikan oleh situs benchmarking Bare Feats, performa iPad Pro, baik yang terbaru tak jauh beda dari MacBook Pro 13 inci tergarang dengan prosesor Intel Core i7. Sebagaimana disebutkan oleh BusinessInsider (15/06/17), baik iPad Pro 10,5 inci dan 12,9 inci, performa CPU-nya tak selisih jauh dengan laptop tersebut, walau secara bodi jauh lebih kecil.

Bahkan secara teori, kinerja duet iPad Pro anyar ini bisa saja lebih cepat daripada MacBook Pro 13 inci yang dipamerkan tahun lalu.

Hasil benchmark Bare Feats (source: Business Insider)

Apakah dengan kebijakan memperkuat lini iPad Pro berarti Apple tak lama lagi akan memensiunkan MacBook Pro? Hal ini masih sebatas spekulasi. Namun yang jelas, raksasa Cupertino itu punya penawaran terbaik secara ekonomis.

Ya, saat MacBook Pro 13 inci dengan prosesor Core i7 dibanderol sekitar Rp24 juta, iPad Pro 2017 termahal, yakni yang berukuran 12,9 inci dan punya media penyimpanan 256GB, bisa ditebus dengan mahar Rp12 jutaan saja. Selisih harga yang mencapai dua kali lipat tetapi secara performa tak selisih banyak inilah yang sebaiknya dimanfaatkan para konsumen dan Apple fanboy yang sedang berburu perangkat jinjing yang tangguh.

 

Baca juga:

Loh, iPad Dibuat di Korea Utara?

Di Daerah Maju, Tablet Samsung Lebih Laris dari iPad

Apple Rilis iPad Murah, Semurah Apa Harganya? Kok Bisa Murah?