iPhone 8 Bakal Tiru Inovasi Samsung? Begini Isunya

iPhone 8 Bakal Tiru Inovasi Samsung? Begini Isunya
Bocoran desain iPhone 8 (source: macrumors.com)

Technologue.id, Jakarta – Bulan ini di tanggal 12, Apple dijadwalkan mengenalkan iPhone barunya. Gawai itu diyakini bakalan jadi sebuah mahakarya, karena tahun ini bertepatan dengan 10 tahun usia iPhone.

Seperti yang mungkin sudah Anda dengar, iPhone 8 kabarnya tak akan mengadopsi tombol home fisik. Apple memilih untuk memperluas layar sentuh pada bagian depan dan meningkatkan screen-to-body ratio layaknya apa yang telah dilakukan segelintir produsen smartphone Android.

Baca juga:

Tahukah Anda, iPhone Donald Trump Tidak Punya Fitur Basic Ini?

Selain bocoran tersebut, isu lain terkait iPhone 8 yang baru-baru ini tersiar adalah adanya tombol kombinasi untuk mengaktifkan asisten virtual Apple, Siri. Dengan menekan tombol Sleep/Wake slama beberapa saat, Anda dapat memanggil Siri.

Adalah seorang developer iOS, Guilherme Rambo, yang menemukan hal ini berdasarkan source code yang ia dapat. Ia mengungkapkan temuan ini melalui akun Twitter pribadinya. Menggunakan tombol pun jadi cara lain untuk mengaktifkan Siri selain lewat voice command “Hey Siri”.

Baca juga:

Unik! Di Restoran Ini, Anda Bisa Bayar Makan dengan “Senyuman”

iPhone 8 Bakal Tiru Inovasi Samsung? Begini Isunya
Bocoran dari Rambo soal fungsi tambahan di tombol Sleep/Wake iPhone (source: Twitter / _inside)

Sayangnya, belum jelas kode mana yang dimaksud oleh Rambo. Yang menarik, developer asal Brasil itu sebelumnya berhasil mendapatkan bocoran detail dari produk Apple berdasarkan beta software-nya, salah satunya adalah 4K Apple TV dari tvOS 11.

Baca juga:

Kenapa Nge-charge Pakai Port USB di Dashboard Mobil Itu Percuma?

Jika temuan dari Rambo ini benar adanya, maka sedikit banyak raksasa Cupertino itu telah mengadopsi cara Samsung yang menghadirkan tombol khusus untuk memanggil Bixby pada flagship termutakhirnya, seperti Galaxy S8 dan Note 8. Apple mungkin unggul karena mereka cukup cerdas untuk memaksimalkan tombol yang sudah ada tanpa perlu menambah tombol baru seperti Samsung. Akan tetapi, perlu dicermati juga familiaritas user terhadap keputusan Apple ini – jika benar adanya – yang menyimpan satu fungsi tersembunyi di balik tombol Sleep/Wake.