Technologue

Jack Ma Rilis Panduan Rumah Sakit Penanganan Covid-19

Technologue.id, Jakarta – Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, baru saja merilis tiga panduan baru untuk memerangi pandemi virus Corona melalui platform Global MediXchange for Combating Covid-19 (GMCC). Panduan tersebut berfokus pada studi kasus penanganan dan pengembangan Rumah Sakit.

,”Berdasarkan pengalaman di Tiongkok, rumah sakit sangat memiliki peran penting dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona. Panduan ini diharapkan dapat membantu berbagai kota, negara dan wilayah di dunia, termasuk Indonesia,” kata Jack Ma, melalui keterangan resminya pada Jumat (24/4/2020).

Baca Juga:

Jack Ma Bagikan Pedoman Penanganan Virus Corona


Panduan pertama merupakan Panduan Pembangunan dan Pengoperasian Rumah Sakit Karantina Covid-19. Di dalamnya berisi panduan membangun, merekonstruksi dan mentransformasi fasilitas umum menjadi Rumah Sakit Karantina yang memiliki kapasitas mendiagnosa, menangani, dan menyembuhkan pasien dengan gejala ringan dan sedang.

Jack Ma menyebut panduan ini disusun berdasarkan pengalaman dan praktik-praktik terbaik dari konstruksi dan pengoperasian sejumlah rumah sakit. Termasuk konsep rumah sakit karantina di Hubei yang dicetuskan oleh akademisi di Chinese Academy Engineering, Profesor Wang Chen.

Untuk panduan ke dua adalah Panduan Pembangunan dan Pengoperasian Rumah Sakit Darurat Covid-19. Ini berisi panduan merenovasi dan mentransformasi rumah sakit yang tidak memiliki kapasitas memadai untuk menangani pasien yang terinfeksi penyakit menular, menjadi rumah sakit yang fokus pada menerima pasien yang diduga maupun didiagnosa positif Covid-19.

Baca Juga:

Hore! Bantuan Medis dari Jack Ma Tiba di Soetta


Panduan ini disusun berdasarkan pengalaman dan keberhasilan tim Zall Foundation merekonstruksi fasilitas kesehatan profesional non-rujukan menjadi rumah sakit khusus Covid-19 dalam 2 hingga 5 hari pengerjaan dengan mengikuti standar medis yang tinggi.

Kemudian panduan yang ketiga Panduan Strategi Respon Rumah Sakit Besar dalam Pandemi Covid-19. Panduan ini memuat manajemen dan respon pandemi Covid-19 bagi rumah sakit umum besar. Disusun oleh Second Affiliated Hospital of Zhejiang University School of Medicine, yang telah telah menerima dan menskrining pasien dalam jumlah besar serta mengirim tim medisnya ke wilayah-wilayah pandemi.

Ketiga panduan tersedia dalam bahasa Inggris dan Mandarin yang dapat diunduh secara gratis di GMCC yang dikembangkan Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation. Diharapkan panduan ini dapat berkontribusi dalam upaya para tim medis dalam memerangi dampak Covid-19.