Internete-CommerceJaga Kesehatan Mental, Produk Hobi dan Olahraga Laris Kala Pandemi

Jaga Kesehatan Mental, Produk Hobi dan Olahraga Laris Kala Pandemi

Technologue.id, Jakarta – Pandemi mendorong masyarakat mencari berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah, contohnya berolahraga atau melakukan hobi. Tren tersebut menyebabkan kategori Olahraga dan Hobi menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia sepanjang 2021.

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia, menyampaikan bahwa ada kenaikan penjualan hingga dua kali lipat terkait Hobi di platform marketplace tersebut.

Baca Juga:
Tren Belanja Tahun Baru Imlek di Tokopedia, Transaksi Kue Keranjang Meningkat Hampir 4x Lipat

Ia menuturkan, penjualan produk paint by numbers, peralatan DIY/kerajinan tangan, dan buku tentang pengembangan diri mengalami peningkatan transaksi hampir dua kali lipat selama 2021.

Peningkatan penjualan pun turut merambah produk olahraga.

“Penjualan produk olahraga di Tokopedia selama 2021 meningkat bahkan hampir tiga kali lipat,” tutur Ekhel.

Ekhel menambahkan, “Tren berolahraga kian populer di masyarakat. Penjualan produk olahraga di Tokopedia, seperti sepatu roda hingga perlengkapan lari, meningkat lebih dari 2x lipat sepanjang 2021.”

Melihat tren tersebut, Tokopedia pun telah meluncurkan berbagai inisiatif program untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan. Diantaranya Bangga Buatan Indonesia, Sportacular, Artspot Market, dan program rutin Waktu Indonesia Belanja.

Kenaikan penjualan kategori Hobi dan Olahraga dinilai sebagai salah satu cara masyarakat dalam menjaga kesehatan mental dari rumah.

Baca Juga:
Deretan Fitur Tokopedia yang Bikin Jualan Laris Manis

Menurut Psikolog, Indah Sundari, M.Psi, keluhan psikosomatis adalah contoh tantangan mental yang meningkat secara signifikan selama pandemi.

“Artinya, seseorang bisa merasa sakit secara fisik tetapi tidak terdapat gejala fisik. Hal ini biasanya disebabkan oleh stres, panik, ataupun cemas. Burnout juga menjadi tantangan mental lainnya,” jelasnya.

Ada beberapa tanda peringatan awal yang menunjukkan seseorang harus mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental. Misalnya, kualitas tidur dan nafsu makan terganggu, produktivitas menurun karena tidak fokus dan lain-lain.

“Artinya kita perlu sediakan waktu untuk ‘istirahat’ dari rutinitas, termasuk bekerja, untuk melakukan kegiatan menyenangkan sehingga pikiran kita bisa recharged kembali,” ujar Indah.

Related articles

Tokopedia Gaet Ahli Gizi Bagikan Tips Pola Makan Sehat Usai Lebaran

Tehnologue.id, Jakarta - Momen Ramadan telah usai. Kini tiba saatnya...

Barang-Barang Terlaris Selama Ramadhan versi Tokopedia

Tehnologue.id, Jakarta - Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra...

Viral! Kronologi Driver Gojek Bawa Kabur Ipad Konsumen

Technologue.id, Jakarta - Media sosial Twitter ramai utas seorang...

Rayakan Hari Kartini, Tokopedia Dorong Kesetaraan Peluang Bagi Karyawan dan UMKM

Technologue.id, Jakarta - Bertepatan dengan Hari Kartini tanggal 21...

Resmi Melantai, Saham GoTo Tembus Rp 400 per Saham

Technologue.id, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo)...