Technologue.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rencananya akan memberi hadiah bagi masyarakat Ibukota tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta tepat tanggal 22 Juni. Hadiah itu berupa aplikasi khusus yang menyajikan beragam informasi tentang Jakarta.

Diakui Setiaji, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jakarta Smart City, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bahwa aplikasi yang tengah dipersiapkan ini bakalan memperkuat konsep smart city yang sedang dibangun. Rencananya, aplikasi tersebut dinamakan Jakarta Smart City Portal.

“Aplikasi baru itu nanti isinya segala informasi tentang Jakarta. Jadi, warga yang ingin mengetahui soal Jakarta bisa lewat aplikasi itu,” ucap Setiaji kepada tim Technologue.id di Jakarta Smart City Lounge, Balai Kota DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Setiaji meenyebutkan aplikasi baru itu akan berdiri sendiri, terpisah dari aplikasi Qlue yang sudah dipakai sejak beberapa waktu lalu. Aplikasi baru itu boleh dibilang semacam panduan mengenal kota lewat smartphone dan gadget lainnya sedangkan Qlue untuk menampung laporan warga.

- Advertisement -

“Ini terpisah sama Qlue. Aplikasi Jakarta Smart City Portal ini punya kita sendiri, tapi di dalamnya kita akan terintegrasi dengan layanan lain, misalnya Go-Food soal kuliner. Terus nanti ada info lingkungan yang kadar polusinya ditentukan sensor,” jelas Setiaji.

Menariknya, aplikasi baru soal Jakarta itu nantinya menampilkan informasi lalu lintas Ibukota. Jadi masyarakat bisa pantau sendiri kondisi lalu lintas yang mau mereka lalui langsung lewat perangkat mobile miliknya.

“Soal lalu lintas, kita kerjasama dengan Waze, sehingga kemacetan di Ibu Kota kita bisa lihat oleh pengguna. Bahkan, pantauan CCTV yang dimiliki Jakarta Smart City ini juga bisa dilihat di aplikasi atau di situs yang kita sediakan supaya bisa diakses mobile,” jelas Setiaji.