Technologue.id, Jakarta – Juni lalu, Microsoft telah menjalin deal dengan Xiaomi. Perusahaan pimpinan Satya Nadella tersebut dipersilakan menjejali sejumlah handset Xiaomi dengan aplikasi andalan Microsoft, contohnya Office, OneDrive, dan Skype. Di sisi lain, kerja sama ini juga menolong Xiaomi yang berencana untuk berekspansi ke pasar smartphone Amerika Serikat dalam waktu dekat.

Ternyata, kerja sama serupa juga baru saja dijalin dengan Lenovo. Mengutip rilis pers Microsoft (22/8/16), setiap produk Lenovo yang mengusung OS Android, maka akan disediakan bundling produk Microsoft seperti yang sudah disebut di atas. Deal ini juga berlaku untuk ponsel bikinan Motorola, anak perusahaan Lenovo. Sayang, belum disebut secara gamblang smartphone apa saja yang berhak.

Bagi Lenovo, kemitraan ini bisa dikategorikan sebagai upaya untuk mengangkat nama mereka kembali di pasar smartphone global. Sebab kompetisi dari pabrik-pabrik kompatriotnya kian ketat hingga mereka kesusahan untuk menduduki kursi empat besar.

Sementara dari sisi Microsoft, kolaborasi ini tak terlalu mengagetkan. Sebab, mereka sudah sering menggandeng OEM untuk memasukkan aplikasinya ke produk mereka. Samsung, LG hingga Sony dan Asus pernah bekerja sama dengan Microsoft sebelum Xiaomi turut terlibat.

- Advertisement -

Langkah ini pun menjadi pertanda tersendiri bahwa Microsoft tak ngotot lagi menjual lisensi software-nya ke vendor smartphone. Perusahaan yang bermarkas di Redmond itu tampaknya lebih mengincar engagement dengan user.

 

Baca juga:

MIRIS, MICROSOFT CUMA JUAL 1,2 JUTA SMARTPHONE BELAKANGAN INI!

APPLE DAN MICROSOFT BEDA PANDANGAN SOAL SENJATA API

SKYPE ‘KHIANATI’ MICROSOFT