Technologue.id, Jakarta – Memiliki pelanggan lebih dari 156 juta di seluruh Indonesia membuat Telkomsel jadi operator selular terbesar di Indonesia. Meskipun sudah menduduki posisi puncak dengan jumlah pelanggan setara setengah populasi masyarakat tanah air, Telkomsel mengaku terus mengembangkan diri.

Salah satu yang terus dilakukan Telkomsel ialah membangun infrastruktur di seluruh Indonesia. Pembangunan fasilitas base transceiver station (BTS) digenjot Telkomsel demi bisa mengembangkan layanan telekomunikasi ke seluruh wilayah Indonesia.

“Kami dalam 3-4 tahun terakhir sangat agresif membangun jaringan dengan rata-rata sekitar 13 ribu BTS hingga 15 ribu BTS tiap tahunnya. Itu artinya, pertumbuhan BTS kami sekitar 22 persen tiap tahun,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel.

Pembangunan BTS yang dilakukan Telkomsel di masa depan diakui bakalan lebih berfokus pada teknologi 4G LTE yang sedang berkembang. Sampai saat ini, Telkomsel sendiri sudah membangun sekitar 116 ribu BTS. Fasilitas tersebut diklaim Telkomsel telah melayani 95 persen populasi penduduk Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai 156 juta.

- Advertisement -

Jumlah pelanggan maupun infrastruktur Telkomsel itu terpaut jauh dari operator lainnya, misalnya Indosat dengan 53 ribu BTS yang memiliki lebih dari 60 jutaan pelanggan dan XL yang punya 59 ribu BTS dengan lebih dari 40 jutaan pelanggan.