Jaringan 5G Ikut Picu Penyebaran Virus Corona?

Editor : Denny Mahardy

Technologue.id, Jakarta – Wabah virus Corona telah menjadi perhatian dunia. Banyak rumor yang beredar terkait penyebarannya, salah satunya adalah rumor yang menyatakan bahwa jaringan 5G mampu menyebarkan virus asal China ini.

Dilansir dari CNet (18/3/2020), rumor tersebut dibawa oleh penyanyi asal Amerika Serikat yang memiliki 4,2 juta pengikut di Twitter, Keri Hilson. Dalam cuitannya, ia mengatakan jaringan 5G memberikan dampak radiasi.

“Orang-orang berusaha memperingatkan kita mengenai 5G selama bertahun-tahun. Petisi, organisasi, penelitian, apa yang kita lalui ini adalah dampak radiasi. 5G diluncurkan di China pada 1 November 2019. Orang-orang pun mati,” cuitnya.

Baca Juga:
Berita Hoax Corona Makin Marak, Kominfo Giat Gali Konfirmasi

Menanggapi hal itu, Brendan Carr dari Federal Communication Commission (FTC) membantah keras bahwa 5G berhubungan dengan virus corona. Ia mengatakan virus Corona adalah virus yang menyebar kontak orang-ke-orang, bukan oleh gelombang radio.

FCC menegaskan bahwa 5G tidak menyebabkan atau menyebarkan virus Corona dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Meskipun ada kekhawatiran yang menyatakan jaringan 5G mengandung radiasi lain.

“Sebagian besar studi belum menemukan hubungan antara sinyal frekuensi radio dari ponsel atau menara dengan penyakit. Tidak ada cara pasti untuk mengetahui apakah itu akan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, namun yang jelas 5G tidak ada hubungannya dengan virus,” ujarnya.

Baca Juga:
Kominfo Dituntut Bikin Aplikasi Informasi Corona, Bukan Hanya Urusi Hoax

Di Indonesia sendiri, pada Kemkominfo melaporkan ada ratusan hoax seputar virus corona yang ada di Indonesia. Pemberitaan bohong pun semakin meningkat dari hari ke hari.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan akan terus melakukan identifikasi dan menangkal setiap informasi yang tidak benar atau hoaks yang beredar di dalam negeri.

Latest News

Akhirnya, Redmi Bakal Bikin Handphone Gaming Pertamanya

Sebelumnya Redmi selalu dikaitkan dengan Xiaomi. Namun pada 2019 silam, Redmi pisah dari Xiaomi. Tak lama, Redmi merilis ponsel berkamera 48 megapiksel...

Amazon Siap Jadi Kurir Vaksin Covid-19

Pandemi virus corona masih menghantui banyak orang di dunia. Peneliti di berbagai negara pun terus melakukan riset untuk menemukan vaksin Covid-19. Dengan...

Sharp AQUOS Sense4, Ponsel Terjangkau dengan Kuliatas Premium

Sepanjang tahun 2020 lalu pasar Smartphone di Indonesia terlihat menggairahkan, terhitung sampai dengan bulan November 2020 kemarin penjualan smartphone mampu menyerap  angka...

Mulai Hari Ini, PlayStation 5 Dijual di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 resmi hadir di Indonesia. Konsol game Sony generasi teranyar ini sudah dapat dibeli mulai hari ini, Jumat...

Rilis Smartphone Harga Terjangkau, Sharp Yakin Bisa Bersaing di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Sharp dengan percaya diri hadir dengan Sharp AQUOS Sense4 untuk bersaing dengan pasar smartphone di Indonesia. Ponsel ini dilengkapi...

Related Stories