Technologue.id, Jakarta – Menjelang masuk bulan Ramadan, PT Hutchison 3 Indonesia yang mengelola operator Tri mengaku siap memanjakan pelanggannya. Momen Ramadan, Lebaran dan liburan tahun ini dengan peningkatan kapasitas jaringan.

Pihak Tri menyatakan peningkatan kapasitas jaringan tersebut dilakukan supaya bisa menjaga kenyamanan pelanggan di semua wilayah cakupannya. Bulan Ramadan dan Lebaran diprediksi bakalan mengakibatkan lonjakan trafik di semua layanan telekomunikasi.

“Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia merayakan hari raya di kampung halaman. Tri telah meningkatkan kapasitas serta infrastruktur handal untuk mengiringi perjalanan para pemudik yang ingin tetap terhubung melalui SMS, telepon dan data,”ujar David Adiwijaya, Head Inbase Marketing Hutchison 3 Indonesia.

Demi memastikan kualitas layanannya prima, Tri siap melakukan peningkatan pemeliharaan 24/7 di masa Ramadan, Lebaran dan liburan. Berdasarkan tren tahun lalu, diprediksi trafik bakalan meningkat 20 persen di data, 10 persen di SMS dan telepon 15 persen.

Peningkatan kapasitas jaringan yang dilakukan Tri disebutkan membuat layanannya tetap mampu menampung lonjakan trafik data hingga 40-50 persen. Saat ini, Tri mengaku jadi operator yang menampung data trafik kedua terbesar di Indonesia dengan lebih dari 1.500 terabita per hari.

Sementara antisipasi lonjakan trafik di puncak mudik, Tri sudah menyiapkan peningkatan kapasitas di ruang dan fasilitas umum seperti jalur mudik, stasiun, bandara, terminal dan pelabuhan. Saat ini Tri diperkuat 40 ribu base transceiver station (BTS) yang 18.169 di antaranya BTS 3G dan 4G.