Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Jaringan XL Axiata Kuat Layani Jutaan Pemudik dan Wisatawan Lebaran ke Yogyakarta
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisatawan dan sekaligus daerah tujuan mudik saat Lebaran. Di beberapa titik lokasi di Yogyakarta biasanya trafik penggunaan data meningkat signifikan. Peningkatan tersebut terpicu oleh meningkatnya aktivitas digital masyarakat dalam mengisi masa liburan panjang Lebaran.

Tim Technologue.id memastikan kesiapan jaringan salah satu operator nasional yaitu PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) untuk menghadapi liburan panjang Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Uji jaringan internet ini menggunakan aplikasi pengukur kecepatan dan jangkauan jaringan asal Perancis bernama nPerf dan Speedtest by Ookla.

Dalam pengujian ini, kami menggunakan paket data XL Xtra Combo Plus VIP 13GB.

Baca Juga:
Uji Kecepatan Sinyal Internet di Kawasan Pariwisata Yogyakarta, Ngebut Gak?

Destinasi pertama dilakukan di Tugu Yogyakarta. Sering dijadikan simbol atau lambang dari kota Yogyakarta, tugu ini terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo.

Terlihat kecepatan download sebesar 81.88Mbps, kecepatan upload 34.92Mbps. Kekuatan streaming tercatat nilai tinggi mencapai 96.97Mbps.

Lalu bergeser ke Jalan Malioboro yang dikenal dengan pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Yogyakarta dan warung-warung lesehan di malam hari.

Untuk operator XL Axiata, terlihat kecepatan download sebesar 30.0Mbps dan 22.5Mbps untuk kecepatan upload pada aplikasi Speedtest. Sedangkan pada aplikasi nPerf, kecepatan download sebesar 39.08Mbps dan kecepatan upload 38.89Mbps.

Lagi-lagi aktivitas streaming bakal makin moncer di Jalan Malioboro karena memiliki nilai performa 95.90 Mbps.

Baca Juga:
Adu Kuat Sinyal Internet di Candi Terbesar di Indonesia

Lebih lanjut tim Technologue.id berkesempatan melakukan uji jaringan di salah satu titik destinasi wisata Yogyakarta yaitu Candi Prambanan. XL Axiata menawarkan kecepatan download 39.28Mbps dan upload 30.52Mbps masih terasa stabil dengan latensi 49ms.

Uji jaringan XL di Yogyakarta tidak hanya dilakukan selama siang hari saja. Kami juga melakukan pengetesan sinyal di malam hari yang juga ramai konsentrasi warga di Alun-alun Kidul Yogyakarta.

Untuk operator XL melalui aplikasi Speedtest tercatat kecepatan download sebesar 72.8Mbps dan kecepatan upload 24.9Mbps. Sedangkan pada aplikasi nPerf kecepatan download berada pada 54.24Mbps dan kecepatan upload pada 26.86Mbps.

Berdasarkan pengalaman kami, sinyal internet XL Axiata tidak mengalami kendala berarti. Penguatan jaringan menjadi fokus mengingat potensi terjadinya lonjakan trafik melebihi hari normal terutama di sepanjang jalur transportasi utama dan area-area tujuan wisata.

Drive Test Mobile Network Lebaran 2023 ini disponsori oleh Asus ROG Phone dan didukung XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison dan Telkomsel.

SHARE:

Elon Musk Resmikan Operasional Starlink di Indonesia

Android 15 Tawarkan Peningkatan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam