Jelang Lebaran, Jasa Tukar Uang Menjamur di Toko Online

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Hari Raya Idul Fitri biasanya diisi dengan kegiatan bagi-bagi uang untuk sanak saudara dan kerabat. Momen ini dimanfaatkan oleh para penyedia jasa penukaran uang.


Berbeda dari tahun sebelumnya, dimana lebaran tahun ini dirayakan di tengah pandemi dan PSBB, para penyedia jasa ini mulai merangsek ke jaringan toko online. Mereka melapakkan jasanya dengan mematok harga yang beragam.

Baca Juga:

Tips Aman Belanja Online Jelang Lebaran


Menurut pantauan Technologue.id, pelapak-pelapak tersebut menjajakan uang baru mulai dari pecahan Rp 1.000 hinga Rp 50.000. Salah satu pelapak menawarkan uang pecahan Rp 2.000 sebanyak 100 lembar dengan mematok harga Rp 220.000.


Ada pula yang menjajakan uang baru pecahan Rp 50.000 dengan harga Rp 65.000 tiap lembarnya. Dalam kata lain pelapak tersebut memiliki keuntungan Rp 15.000.

Baca Juga:

Tips Persiapkan Lebaran #dirumahaja Saat Pandemi


Para pelapak tersebar di berbagai daerah mulai dari Jakarta, Jawa, hingga Sumatera. Lapak-lapak tersebut cukup mudah dijumpai dengan hanya mengetik keyword seperti ‘tukar uang’, ‘uang THR, dan ‘uang lebaran’.


Sayangnya, penukaran uang lewat toko online mengharuskan penukar mengeluarkan kocek lebih dalam mengingat adanya biaya pengiriman barang. Dimana biaya beragam besarannya tergantung jarak dan layanan pengiriman apa yang digunakan.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories