Jepang Rancang Superkomputer Tercepat di Dunia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Jepang merupakan negara berkembang khusus di dunia teknologi, dilaporkan sedang merancang superkomputer tercepat di dunia. Bila mengingat negeri China lah yang telah memiliki superkomputer tercepat di dunia yang bernama Sunway TaihuLight.

Dilansir TechViral, tak mau kalah dengan tetangga sebelah, Jepang juga kali ini sedang menggarap superkomputer yang bakal lebih cepat dari pada Sunway TaihuLight yang hanya memiliki kecepatan maskimal sekitar 93 petaflop. Berbeda dengan superkomputer asal Jepang dengan kecepatan 130 petaflop atau dapat memproses 130 ribu kuadriliun dalam hitungan per detik.

Pemerintah Jepang yakni Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri telah mengucurkan dana segar sebesar 19,5 miliar Yen atau sekitar Rp. 2,3 triliun, yang ditargetkan bakal hadir pada tahun 2017 mendatang, menurut sumber dari Reuters.

Dalam rangka membangun sebuah superkomputer tercepat di dunia karena Jepang berencana untuk membantu mengembangkan di sektor teknologi mobil pintar, robotik, dan diagnosa medis.

Menurut Sekiguchi, Direktur Jenderal di Japan National Institut of Advanced Industrial Science and Technology mengatakan, “sejauh ini yang kami tahu, tidak ada superkomputer yang lebih cepat lagi di luar sana.” Sebelumnya superkomputer milik Jepang sempat dibangun bernama Oakforest-PACS yang dikembangkan oleh Fujitsu, yang hanya mampu memiliki kecepatan 13,6 petaflop.

Selain itu Jepang bertujuan ingin kembali memimpin dunia teknologi, dimana saat ini telah tersaingi oleh negeri Tiongkok yang sangat cepat dalam pertumbuhan teknologi akhir-akhir ini. Sedangkan Jepang berencana juga untuk mempercepat riset teknologi kecerdasan buatan yakni Artificial Intelligence (AI).

Sekedar informasi, posisi 3 teratas yang memiliki superkomputer tercepat di dunia adalah, Tiongkok menguasai dua posisi teratas superkomputer tercepat diantaranya TaihuLigt dan Tianhe-2, kemudian diikuti peringkat ketiga tidak lain adalah Amerika Serikat dengan superkomputer yang bernama Titan – Cray XK7.

Baca Juga:
Taiwan kuasai pasar komputer Indonesia

Serius Garap Layanan Digital, Telkomsel Lahirkan MovieMax

Pinebook, MacBook Linux Murah Meriah

- Advertisement -

Latest News

Related Stories