Technologue.id, Jakarta – Semakin berkembangkan industri software khususnya pada kecerdasan buatan atau yang biasa disebut Artificial Intelligence (AI), mendorong salah satu produsen hardware ternama, Nvidia untuk ikut menciptakan sebuah komputer mungil yang bisa memproses data yang berkaitan dengan AI.

Mengutip dari TheVerge (18/03/19), Nvidia dikabarkan baru saja memperkenalkan sebuah komputer bernama Jetson Nano yang dirancang khusus untuk kegiatan pengembangan AI bagi para developer, komunitas, maupun peneliti.

Baca Juga:
Solusi AI Besutan Startup Lokal Masuk Daftar Program NVIDIA Global

“Kami berharap akan ada banyak komunitas hardware yang terbantu saat mengembangkan industri AI dengan kehadiran Jetson Nano. Dulu mereka sulit melakukannya karena harga komputernya yang mahal”, kata VP dan GM Mesin Otonom Nvidia, Deepu Talla.

Model dasar Jetson Nano sendiri dijual dengan harga yang terbilang sangat murah untuk sebuah komputer AI, yakni US$99. Komputer tersebut dibekali dengan prosesor quad-core ARM A57 yang mampu memproses data 472 gigaflops beserta RAM LPDDR berkapasitas 4 GB. Sementara untuk pemrosesan grafisnya, ada GPU Nvidia Maxwell 128-core.

Baca Juga:
Corsair Manjakan Gamers Indonesia

Sebagai komputer pemroses AI, Jetson Nano juga mendukung sejumlah aplikasi pengembangan framework yang sudah populer untuk AI, seperti TensorFlow, PyTorch, Caffe, Keras, dan MXNet. Sejumlah port USB, satu buah port gigabit ethernet, beserta satu slot microSD juga ikut disertakan untuk melengkapi fitur konektivitasnya.