Jual Data Pribadi Pengguna, Weleakinfo Diblokir FBI

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Federal Bureau Of Investigation (FBI) baru-baru ini dikabarkan telah memblokir sebuah situs web bernama WeLeakInfo. Alasannya, website tersebut menjual data pribadi pengguna yang dikumpulkan dari lebih dari 10.000 pelanggaran data.

Dilansir dari Mashabel pada Rabu (22/1/2020) langkah tersebut diambil setelah operasi internasional yang melibatkan polisi Belanda dan Irlandia Utara menangkap dua pemuda berusia 22 tahun yang diyakini memiliki koneksi dengan situs tersebut.

Baca Juga:
13 Juta Data Pengguna Bukalapak Bocor dan Dijual

Saat ini, laman WeLeakInfo tersebut sudah diambil alih oleh FBI dan kepolisian Eropa dengan memasang pemberitahuan penyitaan situs web tersebut dengan menuliskan, “Untuk WeLeakInfo telah disita oleh Biro Investigasi Federal sesuai dengan surat perintah penyitaan yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat sebagai bagian dari tindakan penegakan hukum.”

WeLeakInfo sendiri memiliki lebih dari 12 miliar nama pengguna dan kata sandi yang telah dikumpulkannya dari sekitar 10.300 pelanggaran yang terjadi di berbagai perusahaan dan situs web. Data tersebut meliputi sandi, nama, nomor telepon, dan email.

Baca Juga:
Hindari Anak Dari Kejahatan Sumber Dengan Cara Ini

Di Indonesia sendiri, sempat dikabarkan belasan juta data pribadi pengguna Bukalapak bocor dan dijual di dark web populer bernama Dream Market. Data yang tersebut terdiri dari email, username, nama, detail pembelanjaan, alamat IP, serta password.

Aktivitas jual informasi pribadi ini dilakukan oleh seorang hacker profesional yang punya julukan Gnosticaplayers. Bukan hanya Bukalapak, pelaku turut menjual ratusan jutaan data akun yang didapat dari situs populer di seluruh dunia.

- Advertisement -

Latest News

Honor Kembali Gunakan Google Mobile Services

Technologue.id, Jakarta - Sejak memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok pada tahun 2020 lalu membuat Huawei dan Honor tidak bisa...

Huawei Tak Jadi Rilis Mate 50 Tahun Ini?

Technologue.id, Jakarta - Umumnya, hampir setiap tahun Huawei meluncurkan dua produk flagshipnya yakni seri P dan seri Mate. Namun tahun ini, sepertinya...

Bukalapak Bakal IPO pada Agustus 2021

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan e-commerce, Bukalapak akan melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada bulan Agustus mendatang.

Smartfren Uji Coba 5G di Frekuensi 26 GHz, Seberapa Kencang?

Technologue.id, Jakarta - Smartfren bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menguji jaringan 5G pada Kamis (17/6/2021) dengan menggunakan frekuensi 26 GHz...

Utamakan Uji Mutu, vivo Jamin Kualitas Smartphone

Technologue.id, Jakarta - Komitmen brand smartphone vivo dalam memenuhi permintaan pasar smartphone di negeri ini tidak pernah mengendur. Hal ini dibuktikan dengan...

Related Stories