Jual Jasa Retas, Pemuda Divonis 13 Bulan Penjara

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pemuda berusia 22 tahun asal Vancouver, AS divonis 13 bulan penjara lantaran membuat sekaligus mengoperasikan sejumlah botnet untuk serangan Distributed Denial of Services (DDoS).

Departemen Kehakiman AS menyebut pemuda bernama Kenneth Currin Schuchman itu menggunakan sejumlah router rumahan serta alat IoT untuk melancarkan aksinya, dilansir dari ZDNet Kamis (2/7/2020).

Baca Juga:

Era Digital, Serangan Siber Tidak Pandang Bulu

Dalam berselancar di dunia siber, Schuchman menggunakan nama Nexus Zeta. Ia menjual botnet buatannya serta menawarkan jasa serangan DDoS-nya kepada para pengguna lain.

Tidak hanya itu, botnet yang ia ciptakan juga digunakan untuk keperluan pribadi. Sejumlah layanan online dan jaringan perusahaan juga berhasil ia lumpuhkan.

Botnet-botnet tersebut teridentifikasi dengan nama Satori, Okiru, Masuta, dan juga Fbot/Tsunami. Dikatakan bahwa ratusan ribu perangkat sudah menjadi korban kekejamannya.

Baca Juga:

Hati-hati Malware Berkedok Bantuan Dana Terdampak COVID-19

Schuchman tidak sendiri berkutat di dunia hitam. Ia menggandeng para penjahat lain yakni Vamp dan Drake yang juga turut menyumbang kode berbahaya serta fitur ke dalam botnet tersebut.

Pihak Departemen Hukum AS juga mengatakan, Schuchman sudah beroperasi sejak bulan Agustus 2017 sampai Agustus 2018. Kemudia ia ditangkap dan menjalani tahanan rumah, sebelum akhirnya tertangkap lagi karena melanggar perjanjian dengan pengadilan.

- Advertisement -

Latest News

Perbedaan 5G Indosat dan Telkomsel

Technologue.id, Jakarta - Indosat Ooredoo resmi mendapat Surat Keterangan Laik Operasi atau SKLO untuk menggelar layanan 5G di Indonesia.

Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kental, Harga Terjangkau

Technologue.id, Jakarta - Selain smartphone, realme perlahan juga menambah jajaran produk aksesorinya, seperti headset dan True Wireless Stereo (TWS). Dan untuk pertengahan...

Laptop Gaming Razer Blade 14 Meluncur

Technologue.id, Jakarta - Razer kembali meluncurkan laptop gaming terbaru. Kali ini adalah Razer Blade 14 yang hadir dengan desain tipis.

Infinix Note 10 Pro NFC Rilis, Harga Rp 2 Jutaan

Technologue.id, Jakarta - Infinix Note 10 Pro NFC resmi meluncur di Indonesia, Selasa (16/6/2021). Smartphone ini hadir dengan performa yang lebih gahar...

realme GT 5G Melenggang di Eropa, Ini Spesifikasi-nya

Technologue.id, Jakarta - realme GT 5G resmi meluncur secara global. Sesuai dengan namanya, smartphone ini hadir membawa dukungan jaringan generasi terbaru, 5G.

Related Stories