Jumlah Pengguna Aktif Facebook di Indonesia Mencapai 117 Juta Orang

Technologue.id, Jakarta – Dua badan analitik, We Are Social dan Hootsuite melaporkan jumlah terbaru dari pengguna perangkat mobile di seluruh dunia saat ini menyentuh angka 5 milyar orang. Pertumbuhan pesat tersebut juga diiringi oleh penggunaan sosial media, dengan negara Indonesia yang menjadi penyumbang besar sebagai pengguna aktif Facebook paling banyak di dunia, dengan angka 117 juta.

Dilansir dari The Next Web (18/6/2017), jumlah pengguna aktif Facebook yang besar di Indonesia tersebut bahkan melebihi setengah dari penggunanya yang ada di seluruh dunia, atau sekitar 230 juta orang. Dari angka tersebut, penetrasi internet di Indonesia juga diakui paling pesat dari negara-negara berkembang lainnya.

Hasil analisa We Are Social dan Hootsuite (source: The Next Web )

Menariknya, jumlah pengguna aktif bulanan dari Facebook mencapai 1,938 milyar, yang menurun sebanyak 2,5%. Walau demikian, para anilis mengatakan, penurunan tersebut tidak perlu menjadi momok yang menakutkan, pasalnya media sosial masih akan terus menguat dalam beberapa minggu ke depan.

Dari laporan tersebut juga diketahui, hingga saat ini masyarakat China masih bermasalah dalam mengakses Facebook. Hal itu juga menjadi alasan dibalik pesatnya perkembangan media sosial buatan lokal.

WeChat adalah media sosial yang paling laris di China, dengan jumlah penggunanya mencapai 870 juta. Pertumbuhan penggunanya juga cukup pesat, dengan peningkatan 80 juta pengguna baru yang bergabung dalam enam bulan terakhir ini.

Laporan lain yang dikeluarkan kedua badan tersebut adalah jumlah pengguna smartphone. Dari 5 milyar pengguna perangkat mobile, 80% diantaranya adalah pengguna perangkat smartphone, atau sekitar 4 milyarnya.

Baca juga:

Messenger Lite Sudah Ada di Indonesia, Selamat Tinggal Kuota Boros!

Pakai Artificial Intelligence, Begini Cara Facebook Berantas Terorisme

Tak Cuma Tempat Curhat, Facebook Bikin Peta yang Bisa Jadi Penyelamat

One Reply to “Jumlah Pengguna Aktif Facebook di Indonesia Mencapai 117 Juta Orang”

Comments are closed.