Technologue.id, Jakarta – Sejak diluncurkan 10 tahun lalu, sistem operasi Android hingga kini masih menjadi primadona di seluruh dunia. Bahkan, dari hari ke hari jumlah penggunanya terus bertambah seiring dengan pertumbuhan infrastruktur jaringan internet.

Baca Juga:
Ini Daftar Smartphone Huawei yang Kebagian Android Pie

Mengutip dari TheVerge (07/05/19), melalui ajang tahunan Google I/O, mereka mengumumkan kalau saat ini setidaknya ada 2,5 miliar perangkat yang aktif menggunakan sistem operasi Android. Ini membuktikan bahwa Google berhasil mengembangkan platform yang ramah bagi pengguna baru dan para vendor perangkat keras.

“Kita bisa merayakan pencapaian ini bersama-sama”, kata Stephanie Cuthbertson, Android Senior Director pada saat ajang Google I/O.

- Advertisement -

Baca Juga:
10 Smartphone Xiaomi Yang Antri Update Android Pie

Jumlah perangkat aktif yang menggunakan Android tersebut bisa jadi lebih banyak ketimbang data yang disampaikan oleh Google. Sebab, angka 2,5 miliar unit tersebut didapat dari perangkat yang memiliki aplikasi Google Play Store. Sementara di sisi lain, masih banyak perangkat yang tak memiliki Play Store, seperti Amazon Kindle dan berbagai perangkat Android asal Tiongkok.

Terlepas dari hal tersebut, jumlah perangkat aktif yang menggunakan Android tersebut memiliki pertumbuhan yang begitu cepat. Pasalnya, pada tahun 2017 lalu, jumlahnya masih sekitar 2 miliar perangkat.