Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Jumlah Perangkat IOT Xiaomi Capai Rekor Tertinggi Sepanjang 2023
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Jumlah perangkat IoT Xiaomi yang terhubung pada platform AIoT mencapai rekor tertinggi, dan mendapatkan pujian yang luas di pasar global. Pada tahun 2023, pendapatan dari produk IoT dan gaya hidup Xiaomi mencapai Rp175,2 triliun, dengan margin laba kotor 16,3%, atau menjadi rekor tertinggi.

Sementara pada 31 Desember 2023, jumlah perangkat IoT yang terhubung (tidak termasuk smartphone, tablet, dan laptop) pada platform AIoT Xiaomi mencapai Rp1,6 miliar, meningkat 25,5% YoY. Sedangkan jumlah pengguna dengan lima atau lebih perangkat yang terhubung ke platform AIoT-nya (tidak termasuk smartphone, tablet, dan laptop) mencapai Rp31,7 miliar, meningkat 25,3% YoY.

Baca Juga:
5 Tim Asal Indonesia Berebut Mahkota Juara di Ajang FFWS SEA 2024

Xiaomi terus memperluas skenario smart living dan mendapatkan pengakuan global yang semakin luas. Sementara itu, Xiaomi TV juga mengembangkan strategi premiumisasinya. Menurut All View Cloud, pada 2023, pengiriman TV Xiaomi masuk dalam lima besar secara global.

Pada tahun yang sama, peralatan rumah tangga pintar Xiaomi menunjukkan momentum pertumbuhan penjualan yang tinggi, dengan pendapatan meningkat hampir 40% YoY. Pengiriman tablet global Xiaomi melebihi 5 juta unit, meningkat lebih dari 50% YoY, dengan pengiriman tablet Xiaomi di pasar luar negeri meningkat dua kali lipat YoY.

Di sektor produk wearables, Xiaomi mempertahankan posisi terdepan di industri dengan fitur komprehensif dan portofolio produk yang beragam. Menurut Canalys, pada tahun 2023, pengiriman smart band Xiaomi berada di peringkat kedua baik di pasar China maupun di pasar global, sementara pengiriman buds juga berada di peringkat kedua di pasar China.

Pada tahun 2023, layanan internet Xiaomi mencapai rekor tertinggi dalam pendapatan dan margin laba kotor, dengan pendapatan layanan internet mencapai Rp65,6 triliun dan margin laba kotor layanan internetnya mencapai 74,2%. Dengan memanfaatkan jejak globalnya, Monthly Active Users (MAU) Xiaomi secara global dan di pasar China (termasuk smartphone dan tablet) masing-masing mencapai Rp1,4 triliun dan Rp339 miliar.

Dalam kemitraan globalnya, Xiaomi menerapkan pendekatan terbuka yang memungkinkan potensi monetisasi bisnis. Pada tahun 2023, pendapatan dari layanan internet di luar negeri meningkat 24,1% YoY Rp18,3 triliun, mencapai rekor tertinggi dan menyumbang 28,0% dari total pendapatan layanan internet Xiaomi.

Dengan upaya terus menerus dalam mengoptimalkan efisiensi di seluruh platformnya, pendapatan iklan Xiaomi mencapai Rp44,7 triliun atau meningkat 11,2% YoY. Seiring dengan kemajuan strategi premiumisasi smartphone, jumlah pengguna aktif dan pengguna berbayar dari game dalam bisnis Xiaomi terus bertambah dengan pendapatan Rp9,6 triliun pada tahun 2023, meningkat 7,0% YoY.

Baca Juga:
Chery Resmikan Dealer Mobil Pertamanya di Kawasan Jakarta Timur

Xiaomi akan memperkenalkan tujuan barunya di 2020‒2030 dengan komitmen yang kuat untuk investasi berkelanjutan dalam teknologi inti dasar. Perusahaan berdedikasi untuk menjadi pemimpin dalam bidang teknologi mutakhir global yang terus berkembang.

Pada tanggal 28 Desember 2023, Xiaomi merilis produk EV pertamanya, yaitu seri Xiaomi SU7, dalam acara Xiaomi EV Technology Launch. Acara tersebut menampilkan lima teknologi inti Xiaomi EV, yang menjadi tonggak keberhasilan dalam langkah baru perusahaan.

SHARE:

Tak Cuma Lokal, Hyundai Juga Melempem di Pasar Otomotif Global

Kembali Disusupi, Akun Pengguna Roku Terdampak Lebih Banyak