Juni 2021, Xiaomi Gusur Samsung Jadi Vendor Smartphone Terbesar di Dunia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Vendor smartphone asal China, Xiaomi, untuk pertama kalinya menggeser posisi Samsung sebagai raja smartphone global berdasarkan volume pengiriman, menurut laporan lembaga riset pasar Counterpoint Research pada bulan Juni 2021.

Counterpoint mencatat, pada bulan Juni diperkirakan market share pengiriman smartphone global Xiaomi sekitar 17,1%, sedangkan Samsung mengantongi 15,7%. Posisi ketiga ditempt oleh Apple dengan perolehan 14,3%.

Penjualan Xiaomi dilaporkan mengalami pertumbuhan bulanan 26 persen sehingga bisa menyalip Samsung. Xiaomi telah menjual lebih dari 800 juta perangkat sejak didirikan pada tahun 2011, menurut Counterpoint.

Baca Juga:
Xiaomi Salip Apple, Kejar Samsung di Pasar Ponsel Global

Namun, perlu dicatat bahwa data Counterpoint ini hanya untuk bulan Juni saja. Jika kita melihat keseluruhan kuartal, Samsung jelas masih memimpin, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (5/8/2021).

Counterpoint menilai bahwa salah satu alasan mengapa Xiaomi berhasil merebut posisi nomor satu untuk bulan Juni adalah karena diuntungkan oleh kendala pasokan akibat situasi pasar di Vietnam.

Sebagimana diketahui, Vietnam merupakan salah satu markas Samsung untuk memproduksi dan mengirimkan sebagian besar ponselnya. Begitu masalah ini diperbaiki, Samsung harus kembali ke jalur untuk mempertahankan posisi mereka.

Baca Juga:
Xiaomi Makin Moncer, Kuasai Pasar Smartphone Eropa

Merinci pergerakan pasar, Tarun Pathak, direktur riset di Counterpoint mengatakan, “Sejak penurunan Huawei dimulai, Xiaomi telah melakukan upaya yang konsisten dan agresif untuk mengisi celah yang diciptakan oleh penurunan ini. OEM telah berkembang di pasar warisan Huawei dan Honor seperti China, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Pada bulan Juni, Xiaomi lebih terbantu oleh pemulihan China, Eropa dan India dan penurunan Samsung karena kendala pasokan.”

Karena itu, Xiaomi memiliki banyak hal untuk mereka terutama dalam hal ponsel value for money. Meskipun belum bisa menyalip Samsung dalam hal flagship, namun handset harga terjangkau mereka cukup mendominasi pasar smartphone.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories