Technologue.id, Jakarta – Mobile World Congress (MWC) tahun ini dipastikan kehilangan salah satu kontestan potensialnya. Mengutip TechCrunch (25/01/17), Xiaomi melalui perwakilannya mengatakan tak akan menghadiri event tahunan tersebut.

Dengan adanya konfirmasi ini, pupus sudah harapan untuk menyaksikan kelahiran Mi 6. Gawai anyar Xiaomi yang digadang-gadang punya bodi keramik bezel-less seperti Mi Mix dan otak Qualcomm Snapdragon 835 itu sebelumnya diprediksi lahir di bulan Februari, tepatnya saat MWC digelar. Pengenalan Mi 6 pun kemungkinan mundur hingga April atai Mei 2017.

Hal ini cukup disayangkan, karena tahun lalu pabrik asal China yang memproduksi beragam barang itu sudah berpartisipasi dengan mengenalkan Mi 5 di MWC. Ponsel tersebut cukup menyita perhatian berkat jeroan sekelas Qualcomm Snapdragon 820, RAM 4GB,, serta memori internal 128GB. Skor AnTuTu Benchmark perangkat 5,5 inci itu juga tergolong top di era tersebut, yaitu 142.084.

Sekadar menerka-nerka, ada kans abstainnya Xiaomi di ajang MWC 2017 disebabkan oleh hengkangnya secara tiba-tiba Hugo Barra. Pria yang sudah tiga tahun lebih menjabat sebagai VP International Xiaomi itu kini bergabung ke Facebook guna membawahi proyek VR perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut.

Sejauh kiprah Xiaomi di bisnis smartphone, Barra memegang peran vital. Ia kerap berdiri di panggung dan memamerkan produk baru Xiaomi kepada masyarakat, baik yang hadir langsung maupun yang menyaksikan via streaming. Bahkan di MWC tahun lalu, Barra juga yang menunjukkan kebolehan Mi 5 kepada khalayak.

Xiaomi sekarang memang sudah mendapatkan pengganti mantan orang dalam Google itu, yakni Xiang Wang. Namun, keputusan Xiaomi untuk tidak turut meramaikan MWC 2017 memunculkan spekulasi bahwa Wang belum siap dan hengkangnya Barra begitu berdampak bagi perusahaan yang identik dengan warna oranye itu.

 

Baca juga:

Ditinggal Hugo Barra, Mampukah Xiaomi Bertahan di Bisnis Smartphone?

Perusahaan Raksasa Ini yang Bajak Hugo Barra dari Xiaomi

Xiaomi Mi 6 Bakal Punya Layar Lengkung?