Jutaan Akun Google Terinfeksi Malware Gooligan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Bagi para pengguna akun Google harus lebih waspada terutama pengguna Android. Karena dunia yang kini sudah memasuki era digital, terancam mudah-nya terkena serangan virus yang terus dikembangkan oleh para oknum kriminal siber.

Laporan ini berasal dari penelitian Check Point, mengindikasikan bahwa 1,3 juta lebih akun Google terkena serangan malware yang bernama Gooligan. Menurut informasi tambahan, setiap harinya malware Gooligan menginfeksi lebih dari 13.000 perangkat pengguna Android di seluruh dunia.

Cara kerja dari malware tersebut adalah, bagi pengguna yang sudah terinfeksi, hacker dapat mengumpulkan data-data pribadi milik ponsel pengguna. Selain itu peretas dapat mencuri alamat email dan otentikasi kredensial secara langsung tanpa disadari oleh pengguna.

Menurut Michael Shaulov, Mobile Security Check Point mengungkapkan, “peretas bisa menyusupi informasi penting yang dapat mengakses data sensitif melalui Gmail, seperti Google Foto, Google Docs, Google Play, Google Drive hingga G Suite,” dikutip dari TechViral.

Sistem Kerja Malware Gooligan (Source: TechViral)
Sistem Kerja Malware Gooligan (Source: TechViral)

Lebih lanjut ia menjelaskan, Malware Gooligan tidak menyerang pada smartphone OS Android terbaru yakni Marshmallow dan Nougat. Namun, rentan terinfeksi bagi pengguna yang masih menggunakan OS berbasis pada sistem operasi Android 4.0 IceCream, 4.3 Jelly Bean, 4.4 KitKat dan 5.0 Lollipop.

Infeksi dimulai ketika pengguna mendownload dan memasang aplikasi yang terinfeksi dengan malware Gooligan, dan para peretas melakukannya dari sejumlah situs phishing yang sebagian besar berasal melalui email. Kemudian, Gooligan secara otomatis mengunduh software tools yang berfungsi untuk mencuri token di Google Play, Gmail, dan Google Drive.

Agar para pengguna Android ingin mengetahui perangkatnya terinfeksi atau tidak, Check Point menyediakan layanan disitus resminya yang memberi tahu apakah akun Google Anda terinfeksi malware Gooligan. Kemudian, bila diketahui terinfeksi Gooligan, maka lakukan reset ulang ponsel Anda, atau pasang sistem operasi terbaru dengan metode clean install, jika sudah jangan lupa untuk merubah password akun Google Anda.

Baca Juga:
Pre-Order Huawei P9, Ada Bonus Hampir Rp 2 Juta!

Spotify: Ini Lagu-Lagu yang Paling Sering Diputar Orang Indonesia

Minggu Depan, Varian Tergarang Oppo F1s Rilis di Indonesia?

- Advertisement -

Latest News

Related Stories