Jutaan Data Pengguna Bhinneka Diobral di Dark Web

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Setelah sebelumnya menimpa Tokopedia dan Bukalapak, kasus kebocoran data pada situs belanja online Indonesia kembali terjadi. Kali ini, giliran marketplace Bhinneka.com yang mengalaminya.

Dilansir dari ZDNet pada Senin (11/5/2020), sebanyak 1,2 data pengguna Bhinneka dilaporkan bocor. Sekelompok peretas dengan julukan ShinyHunters mengklaim data-data tersebut berada digenggamannya.

Baca Juga:

Dihantui Banyak Kasus, Industri E-commerce di Indonesia Masih Aman?

ShinyHunters menjual data pengguna Bhinneka di situs pasar gelap dark web. Sebanyak 1,2 juta data tersebut dibandrol dengan harga $ 1.200 atau sekitar Rp 17, 8 juta.

Tidak hanya itu, kelompok peretas ini juga menyertakan data-data pengguna dari situs lain yang jumlahnya mencapai 72 juta. Keseluruhan data itu dihargai sekitar $ 18.000 atau Rp 266 juta.

Daftar Harga Data Pengguna

Baca Juga:

Cara Cek E-mail Terdampak Kasus Data Pelanggan Bocor


ShinyHunters sendiri diketahui merupakan peretas yang juga membobol database Tokopedia beberapa waktu lalu. Sejumlah pihak yakin kelompok ini mempunyai koneksi dengan Gnosticplayers yang pernah meretas Bukalaak pada 2019 lalu.

Belum diketahui secara pasti apakah data-data yang berhasil direnggut terverifikasi. Namun para peneliti kemanan siber seperti Cyble, Nightlion Security, Under the Breach, dan ZeroFOX percaya data-data yang beredar merupakan data yang valid.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories