Jutaan Iklan dan Postingan Dihadang Facebook, Kok Bisa?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sebanyak 2,2 juta permintaan iklan dan 120.000 postingan telah dihapus Facebook lantaran mengganggu jalannya proses pemungutan suara pemilihan presiden AS pada 3 November 2020. Tak berhenti disitu, 150 juta postingan juga telah ditandai karena alasan serupa.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Presiden Facebook untuk Urusan Global, Nick Clegg baru-baru ini. Ia membeberkannya dalam sebuah wawancara dengan surat kabar asal Prancis Journal du Dimanche, dilansir dari The Verge pada Rabu (21/10/2020).

Baca Juga:

Sebut Covid-19 Tidak Berbahaya, Facebook Hapus Postingan Donald Trump


Dalam wawancara tersebut, Nick Clegg mengatakan bahwa Facebook menggunakan kecerdasan buatan untuk menghapus postingan-postingan tersebut. Selain itu, Facebook juga telah bekerja sama dengan 70 media termasuk lima di Prancis untuk melakukan verifikasi informasi.

Untuk diketahui, Facebook sendiri sebenarnya telah memberlakukan kebijakan serupa sejak 2016 lalu, setelah digelarnya pemilu AS. Saat itu kebijakan hanya berlaku di Instagram dan sekarang telah berkembang ke platform Facebook itu sendiri untuk meminimalisir disinformasi yang marak beredar di grup Facebook.

Baca Juga:

Facebook Messenger dan DM Instagram Resmi Digabungkan


Dengan diberlakukannya kebijakan itu, klaim kemenangan dalam pemilihan presiden AS atau hasil pemilihan umum sebelum disahkan secara resmi akan dihapus. Dan ini akan berlaku juga untuk Donald Trump atau Joe Biden yang saat ini tengah bertarung.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories