Kala TikTok Diboikot, Instagram Hadirkan Fitur Pengganti di India

Technologue.id, Jakarta – India baru saja memblokir aplikasi TikTok karena dianggap mengancam keamanan nasional. Hal ini langsung dimanfaatkan oleh Instagram dengan menghadirkan fitur Reels yang memiliki fungsi serupa dengan aplikasi asal China tersebut.

Hadirnya Reels di India untuk menjadi pengganti TikTok ini semakin diperkuat berkat kerjasama yang terjalin antara Facebook dengan perusahaan lokal India. Dimana induk perusahaan Instagram tersebut memang diketahui telah menjalin kolaborasi dengan label musik terbesar di India, Saregama.

Kerja sama yang terjalin antara dua perusahaan ini memungkinkan Facebook untuk melisensi musik agar bisa digunakan baik di Facebook maupun di Instagram. Terlebih Saregama sendiri memegang lebih dari 100.000 lisensi lagu.

Baca Juga:

Situasi Memanas, India Blokir 59 Aplikasi Besutan China

Dilansir dari TechCrunch pada Rabu (8/7/2020), fitur Reels ini hadir di India masih dalam tahap uji coba. Juru bicara Facebook mengatakan, nantinya Reels akan melakukan ekspansi ke lebih banyak wilayah lagi di dunia termasuk Brasil, Prancis dan Jerman.

“Kami berencana untuk mulai menguji coba versi terbaru Reels di lebih banyak negara. Kami tidak sabar membawa versi baru ini untuk komunitas global kami. Namun untuk saat ini belum ada informasi yang bisa kami bagikan terkait tanggal peluncurannya,” ujarnya.

Selain karena pasar India kehilangan TikTok, kehadiran Reels di Negeri Bollywood juga terbilang ideal karena beberapa alasan. Salah satunya karena Facebook telah bekerjasama dengan Saregama, label musik terbesar di India.

Baca Juga:

TikTok India Diblokir, Nasib Konten Kreatornya Terancam

Reels sendiri memang sangat mirip dengan TikTok. Fitur yang ada dalam aplikasi Instagram ini memungkinkan pengguna membuat dan memposting video pendek berdurasi 15 detik dengan iringan musik atau audio.

Fitur ini juga menghadirkan sejumlah tools untuk melakukan pengeditan seperti timer penghitung mundur dan mengubah kecepatan video. Seluruh kemampuan Reels ini ditawarkan untuk membuat video yang dihasilkan terlihat lebih kreatif.

Latest News

Update Terbaru Honkai Impact 3rd, Bakal Ada Rank Battlesuit Baru

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact yang kian populer saat ini, mungkin banyak yang lupa sama game action 3D miHoYo, Honkai Impact 3....

Resep Makanan Paling Berguna di Game Genshin Impact

Technologue.id, Jakarta - Game Genshin Impact kini semakin populer. Dalam game ini, ternyata ada fitur memasak untuk menambah stamina karakter.

Buntut Bayar Pajak, Harga Aplikasi di Apple App Store Naik

Technologue.id, Jakarta - Apple akan mulai menaikkan harga pembelian aplikasi di App Store dalam beberapa hari kedepan. Kenaikan akan terjadi di sejumlah...

Dell Luncurkan XPS 15 dan XPS 17, Layar Lebih Lapang

Technologue.id, Jakarta - Dell Technologies memperbarui varian laptop terbaik mereka, XPS 15 dan 17, di Indonesia. Kedua laptop ini hadir dengan kinerja...

Twitter Keok, Pengguna Tidak Bisa Log In Akun

Technologue.id, Jakarta - Layanan Twitter sempat down atau tidak bisa diakses oleh para pengguna di sejumlah negara termasuk Indonesia, pada Rabu (28/10)...

Related Stories