Technologue.id, Jakarta – Masih ingat dengan Galaxy Note 7? Ponsel itu memang sempat menghebohkan dunia, hingga Indonesia. Ya, beberapa media memuat kabar bahwasannya gawai yang dilengkapi stylus itu mengalami overheating hingga meledak. Sampai-sampai, maskapai penerbangan pun menerbitkan larangan resmi supaya penumpang tak turut membawa Galaxy Note 7 terbang.

Akan tetapi, kisah horor itu coba diredam Samsung. Selain menarik device yang sudah terjual dari pasaran, mereka juga coba memperbaiki image seri Galaxy Note dengan meresmikan Galaxy Note Fan Edition. Pada dasarnya, Galaxy Note Fan Edition adalah versi rebranding dari Galaxy Note 7, tetapi baterainya telah ditingkatkan kualitasnya.

Belum ada kejelasan apakah Samsung Indonesia bakal turut melego gawai tersebut. Namun setidaknya, di atas kertas Galaxy Note Fan Edition punya kans untuk membuat konsumen menengah ke atas Tanah Air tergiur. Mengapa “reinkarnasi” Galaxy Note 7 ini layak beli? Begini perspektif kami.

Pertama, pada dasarnya, kecacatan pada Galaxy Note 7 cuma ditemukan dari segelintir handset yang beredar. Dari 3 juta unit device yang ditebus konsumen sebelum ditarik, hanya 330 di antaranya yang baterainya mengalami overheating. Dalam kata lain, bukannya semua perangkat Galaxy Note 7 tidak aman.

Kemudian, Samsung juga sudah mengklaim mampu mendeteksi letak kesalahan dan memperbaikinya di Galaxy Note Fan Edition ini. Sebelumnya, mereka telah mempraktikkannya ke Galaxy S8 yang sejauh ini belum ditemukan problem berarti.

Yang ketiga, harga yang jauh lebih murah juga menjadi pertimbangan tersendiri. Kalau banderol awal Galaxy Note 7 bisa menyentuh Rp12 jutaan, Galaxy Note Fan Edition cuma dijual Rp8 jutaan. Tentunya, ini adalah tawaran yang menggiurkan, mengingat spesifikasi gawai 5,7 inci itu juga masih perkasa.

Terkait spesifikasi, tak bisa menutup mata kalau Galaxy Note Fan Edition memang salah satu ponsel flagship layak beli saat ini. Diotaki Qualcomm Snapdragon 820, prosesor itu memang di bawah Snapdragon 835 milik Galaxy S8. Namun, kekuatannya masih di atas rata-rata. Jangan lupakan juga kalau gawai ini punya bodi anti-air, RAM 4GB, kamera 12MP dengan f/1.7, dan sensor pemindai iris mata.

 

Baca juga:

Galaxy Note 7 Akan Kembali Diluncurkan Pada 7 Juli Mendatang

Apakah Baterai Samsung Galaxy S8 Bermasalah Seperti Galaxy Note 7?

Samsung Galaxy Note Fan Edition Masuk Indonesia?