HomeGadgetKamera Sinematik DJI Ronin 4D Resmi Meluncur

Kamera Sinematik DJI Ronin 4D Resmi Meluncur

Technologue.id, Jakarta – DJI Ronin 4D resmi diluncurkan. Ini merupakan sebuah kamera profesional yang dirancang khusus untuk para konten kreator dan sineas.

Melansir dari 9to5Mac, Jumat (22/10/2021), DJI Ronin 4D memiliki teknolgi berstandar sinematik. Namun lebih fleksibel dan dibandrol dengan harga yang terjangkau.

DJI Ronin 4D hadir membawa sensor LiDAR (Light Detection and Ranging). Sensor ini memungkinkan kamera mengunci fokus dengan cepat dan tepat.

Sensor LiDAR pada DJI Ronin 4D ini disebut mampu memindai, mengenali, serta mengetahui obyek menggunakan 43.200 titik fokus. Kemampuan ini bisa dilakuan dalam jarak 10 meter.

Baca Juga:

DJI Mini SE, Drone Murah untuk Pemula

DJI Ronin 4D memiliki tiga mode pengoperasian LiDAR, yakni auto, manual, dan Automated Manual Focus. Ketiganya bisa digunakan secara maksimal meski dalam kondisi minum cahaya.

Tak hanya LiDAR, DJI Ronin 4D juga dibekali dengan kamera gimbal full-frame Zenmuse X9 yang dilengkapi dengan sistem peredam getaran aktif empat arah (4-axis).

Dengan begitu, hasil video akan lebih stabil dalam segala kondisi perekaman, termasuk sambik berjalan, berlari, atau merekam video secara spontan.

DJI menyediakan dua opsi kamera yakni Zenmuse X9-6K dengan kemampuan rekam video 6K dan Zenmuse X9-8K untuk perekaman video 8K.

Baca Juga:

Kamera Mirrorless Sony A7 Mark IV

Masing-masing bisa merekam video 6K/60 fps dan 4K/120 fps, dengan sistem codec H.264 dan Apple ProRes, serta ProRes RAW untuk fleksibilitas dalam penyuntingan video.

DJI Ronin 4D juga mendukung penggunaan monitor eksternal yang dilengkapi giroskop. Dengan begitu, monitor ini bisa difungsikan sebagai kendali gerak kamera DJI Ronin 4D.

Untuk asupan tenaganya mengandalkan baterai yang sama seperti baterai DJI Ronin 2 dan Inspire 2. Baterai tersebut bisa digunakan hingga sekitar 2,5 jam untuk perekaman video.

DJI Ronin 4D dibandrol dengan harga US$ 7.200 atau Rp 102 jutaan untuk varian 6K, sementara varian 8K dihargai US$ 11.500 atau Rp 163 juta. Kamera akan tersedia mulai Desember 2021.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More