Technologue.id, Jakarta – Masih ingat akan ancaman Niantic pada trainer Pokémon yang bermain curang? Beberapa hari lalu, developer Pokémon Go tersebut sudah menyatakan perang terhadap para pemain yang melanggar term of service game berbasis AR tersebut, mulai dari memalsu GPS sampai memakai bot atau emulator.

Tak tanggung-tanggung, Niantic memberlakukan larangan seumur hidup untuk mereka yang terbukti melakukan kecurangan.

Dalam pernyataan resminya Kamis (18/8/16) waktu setempat, Niantic mengaku sudah memulai membasmi trainer-trainer nakal berdasarkan pantauan sistem mereka sekaligus laporan dari pemain lainnya. “Kami akan terus menghapus akun yang jelas-jelas curang,” tulis developer asal Amerika Serikat itu.

Dari penelusuran Technologue.id, memang sudah ada sejumlah user yang akunnya di-banned. “Ini mengulang lagi, tapi mainnya santai saja, masih level 9 hahaha. Semoga ID lama bisa kembali,” kata seorang trainer dari tim Instinct yang mengaku menerima email dari Niantic kalau akun yang ia pakai telah dihapus.

- Advertisement -

Walau merugikan beberapa pihak, nyatanya ada juga yang begitu mengapresiasi hukuman yang diberikan Niantic ini. “Bagus kalau sudah di-banned semua yang bermain curang. Lagian ngapain sih pakai gitu-gitu segala? Game-nya gratis dan seru juga, paling main Pokémon Go cuma rugi waktu,” tutur seorang anggota tim Valor.

Kendati demikian, Niantic tak menampik kalau mereka bisa saja salah sasaran. Oleh karena itu, jika akun Anda diblokir tetapi Anda merasa tidak pernah melanggar aturan mobile game terpopuler sejagat ini, silakan melapor ke Pokémon Go Help Center.

 

Baca juga:

POKÉMON GO RESMI MASUK INDONESIA! DOWNLOAD DI SINI!

YUK CARI TAHU DI MANA POKÉMON LANGKA BERSEMBUNYI!

4 TIPS POKÉMON GO YANG MUNGKIN BELUM ANDA TAHU