Technologue.id, Jakarta – Facebook bukan perusahaan remeh. Setelah punya pengguna sebanyak 2 miliar sedunia, kini mereka mengincar pencapaian baru dalam sejarah perusahaannya: membuat markas baru.

Sebenarnya, Mark Zuckerberg cs saat ini sudah bertempat di headquarter baru di Menlo Park, California. Kantor lama mereka terletak di Palo Alto sedari awal berdiri sampai 2011. Namun, sekarang Facebook telah merencanakan ekspansi kantor.

Engadget (07/07/17) menjelaskan bahwa tak seperti markas bessar Apple yang mirip pesawat ruang angkasa tetapi terisolasi, “kandang” Facebook direncanakan lebih terbuka untuk publik. Kampus Menlo Park yang baru didesain agar orang-orang bisa lebih terkoneksi, sehingga fasilitasnya pun dibuat lengkap. Akan ada perumahan, toko ritel, toko sayuran, apotek, sampai transportasi penunjang mobilitas yang bisa digunakan para pegawai dan masyarakat sekitar. Sekilas, konsep ini adalah pengembangan dari kampus Google.

“Bagian dari visi kami adalah membuat lingkungan terpusat yang menyediakan kebutuhan primer layanan komunitas kami,” jelas perusahaan berumur 13 tahun itu dalam sebuah blog post (07/07/17).

Kira-kira, kapan wajah baru markas Facebook kelar? Diperkirakan, konstruksi ini memakan waktu hingga awal 2021. Untuk langkah awal, mereka bakalan mengajukan rencana dan berdiskusi dengan pemerintah setempat dan organisasi terkait di bulan ini.

 

Baca juga:

Facebook Hadirkan Fitur Find Wi-Fi pada Aplikasi Mobilenya

Pengguna Aktif Facebook Capai Dua Miliar per Bulan

Facebook Bikin Aplikasi Khusus untuk Kreator Video