Technologue.id, Jakarta – Steve Jobs Theater telah menjadi saksi lahirnya tiga gawai termutakhir Apple: iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan yang paling spesial sekaligus unik desainnya iPhone X. Ketiganya tak main-main untuk mencoba merebut atensi konsumen kelas atas.

iPhone 8 Plus, misalnya, mencoba menggoda dengan dual-camera belakang yang berfitur Portrait Lightning. Gunanya adalah untuk menghasilkan pencahayaan dramatis layaknya di studio foto. Sedangkan iPhone X tampak futuristik dengan layar yang hampir menutupi keseluruhan tampilan mukanya yang berukuran 5,8 inci.

Kapan iPhone 8 dan iPhone X Masuk Indonesia?
iPhone X (source: Apple)

Belum lagi adanya fitur tersier semacam aplikasi dan game augmented reality yang jadi mungkin dimainkan berkat chipset A11 Bionic yang ditanamkan di tiga flagship tersebut.

Baca juga:

Baru Lahir, Samsung Galaxy Note 8 Langsung Pecahkan Rekor! Apa Itu?

Kapan konsumen yang sudah tak sabar memiliki iPhone 8 atau iPhone X bisa membelinya? Apple membuka sesi pre-order iPhone 8 dan 8 Plus pada 15 September 2017 untuk publik Amerika Serikat, serta 27 Oktober 2017 untuk iPhone X. Pengapalannya sendiri dijadwalkan tak sampai dua minggu.

Terkait ketersediaannya di Indonesia, Tim Cook cs memang tidak menyebutnya secara gamblang. Akan tetapi diperkirakan, trio ponsel mahal Apple ini mungkin saja tiba sebelum kalender 2017 berakhir.

Baca juga:

Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 2 Garang Sekali, Tapi…

Kapan iPhone 8 dan iPhone X Masuk Indonesia?
Prediksi masuknya iPhone 8 dan iPhone X ke Indonesia (source: Twitter / febrianris)

“Dikarenakan aturan TKDN, seri teranyar iPhone diperkirakan masuk pasar Indonesia paling cepat Q4 2017. Harga jual retailnya juga akan lebih tinggi,” begitu cuit Risky Febrian, analis IDC Indonesia (13/09/17), yang mengomentari pricing iPhone terbaru.

Baca juga:

Setelah Xiaomi, Motorola Bikin Android One! Dual-Camera Juga Enggak?

Sekadar gambaran, banderol untuk iPhone generasi terbaru ini tergolong tinggi. Termurah, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus baru bisa dibawa pulang mulai Rp9 jutaan dan Rp10,5 juta. Sementara price tag termurah iPhone X tertulis Rp13 jutaan.

Jadi kalau berminat memiliki mereka secara resmi di Indonesia, tak ada salahnya untuk mengalokasikan dana dulu sedari sekarang.