Technologue.id, Jakarta – Adopsi konsumen terhadap mobil tanpa awak secara massal barangkali akan lebih cepat daripada yang sebelumnya Anda bayangkan. IHS Automotive pun meyakini akan ada sekitar 21 juta unit mobil pintar yang terjual di seluruh dunia pada tahun 2035.

Mengutip Mashable.com (10/6/16), prediksi perusahaan analis itu telah meningkat ketimbang ramalan mereka di tahun 2014 silam. Saat itu, mereka baru memperkirakan ada 11,8 juta unit driverless car yang mengaspal di Bumi pada 2035.

Namun, berkat banyak pihak yang turut melakukan pengembangan dan riset terhadap teknologi di ranah otomotif ini, maka produksi dan adopsinya bukan tidak mungkin akan meningkat lebih cepat dan pesat.

Lebih lanjut, IHS Automotive turut meramalkan mobil pintar bakal paling banyak ditemui di jalanan Tiongkok. Kira-kira, dari 21 juta unit mobil tanpa awak yang diramalkan beredar 19 tahun lagi, sekitar 5,7 jutanya ada di Negeri Tirai Bambu.

Selain Tiongkok, Jepang dan Amerika Serikat adalah negara lain yang diprediksi menjadi pasar utama sekaligus terbesar driverless car di masa yang akan datang.