HomeLatest NewsKarantina Corona, Telkomsel Catat Kenaikan Trafik Komunikasi

Karantina Corona, Telkomsel Catat Kenaikan Trafik Komunikasi

Technologue.id, Jakarta – Penyedia layanan telekomunikasi, Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband hingga mencapai 16%. Hal ini terjadi sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah RI untuk beraktifitas dari rumah.

Dalam keterangan tertulis pada Senin (6/4/2020), Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel mengungkapkan lonjakan tersebut didominasi oleh pengguna aplikasi belajar berbasis daring yang meningkat lebih dari 5404%. Hal itu juga didorong oleh bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB.

“e-learning seperti Ruang Guru, kemudian aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia yakni Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus dan Google Classroom pertumbuhannya pesat,” ujarnya.

Baca Juga:
Telkomsel Gratiskan Kuota Data Akses Situs Resmi Covid-19

Setyanto juga menyebut bahwa terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja secara daring seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443%. Selain itu, layanan komunikasi pesan instan melalui Whatsapp, Line, dan Telegram tumbuh sebesar 40%, namun untuk pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil.

Selanjutnya kenaikan terjadi pada Games Online yang meningkat sebesar 34%. Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif game portal & media platform milik Telkomsel, Dunia Games sebesar 56% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.

Untuk layanan hiburan seperti streaming video seperti melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17%. Lonjakan tersebut didukung oleh tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18% dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga:
Awas, ‘Pencuri’ Data Promo eLearning Ancam Kebebasan Belajar Anak

Seiriring dengan lonjakan trafik yang terjadi saat ini, Telkomsel sendiri mengaku secara berkala terus melakukan pemantauan atas perkembangan situasi terkini terkait pandemi COVID-19 di Indonesia. Langkah ini diambil guna menyediakan layanan berkualitas dan prima.

“Seluruh upaya merupakan bentuk nyata komitmen Telkomsel untuk memberikan layanan terdepan untuk masyarakat Indonesia,” pungkas Setyanto.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More