Karantina Corona, Telkomsel Catat Kenaikan Trafik Komunikasi

Technologue.id, Jakarta – Penyedia layanan telekomunikasi, Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband hingga mencapai 16%. Hal ini terjadi sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah RI untuk beraktifitas dari rumah.

Dalam keterangan tertulis pada Senin (6/4/2020), Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel mengungkapkan lonjakan tersebut didominasi oleh pengguna aplikasi belajar berbasis daring yang meningkat lebih dari 5404%. Hal itu juga didorong oleh bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB.

“e-learning seperti Ruang Guru, kemudian aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia yakni Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus dan Google Classroom pertumbuhannya pesat,” ujarnya.

Baca Juga:
Telkomsel Gratiskan Kuota Data Akses Situs Resmi Covid-19

Setyanto juga menyebut bahwa terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja secara daring seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443%. Selain itu, layanan komunikasi pesan instan melalui Whatsapp, Line, dan Telegram tumbuh sebesar 40%, namun untuk pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil.

Selanjutnya kenaikan terjadi pada Games Online yang meningkat sebesar 34%. Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif game portal & media platform milik Telkomsel, Dunia Games sebesar 56% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.

Untuk layanan hiburan seperti streaming video seperti melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17%. Lonjakan tersebut didukung oleh tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18% dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga:
Awas, ‘Pencuri’ Data Promo eLearning Ancam Kebebasan Belajar Anak

Seiriring dengan lonjakan trafik yang terjadi saat ini, Telkomsel sendiri mengaku secara berkala terus melakukan pemantauan atas perkembangan situasi terkini terkait pandemi COVID-19 di Indonesia. Langkah ini diambil guna menyediakan layanan berkualitas dan prima.

“Seluruh upaya merupakan bentuk nyata komitmen Telkomsel untuk memberikan layanan terdepan untuk masyarakat Indonesia,” pungkas Setyanto.

Recent Articles

Bikin Panas Hubungan Dua Negara, Aplikasi Ini Dihapus Google

Technologue.id, Jakarta - Ketegangan antara India dan China kian memanas. Bahkan beberapa waktu lalu salah satu pengembang India meluncurkan aplikasi Remove China...

Gajah Mati Berdiri Setelah Makan Petasan, Netizen Murka

Technologue.id, Jakarta - Seekor gajah betina yang sedang mengandung mati secara tragis di distrik Palakkad, Kerala, India. Gajah tersebut mati berdiri setelah...

Zenius Gelar Try Out UTBK Gratis, Berhadiah Beasiswa Pendidikan

Technologue.id, Jakarta - Zenius Education mengumumkan pembukaan registrasi Grand Try Out yang diadakan untuk membantu calon mahasiswa lolos Ujian Tulis Berbasis Komputer...

Gojek Dukung 100.000 UMKM Migrasi ke Bisnis Online di Tengah Pandemi COVID-19

Technologue.id, Jakarta - Gojek kembali membuktikan kepemimpinan dan keandalannya sebagai super app terdepan di Indonesia dengan menyediakan solusi dan perangkat lengkap agar...

Masuki New Normal, FastKey di Rumah.com Hadirkan Unit Properti Langsung ke Genggaman Pembeli

Technologue.id, Jakarta - PropertyGuru Group, perusahaan teknologi properti terkemuka di Asia induk usaha dari Rumah.com hari ini menghadirkan fitur digital baru 'StoryTeller'...

Related Stories