Kartini Digital Tokopedia Permudah Masyarakat Lewat Teknologi

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Di era modern ini, semangat Kartini tetap terjaga. Terbukti dari berbagai prestasi atau pencapaian perempuan-perempuan Indonesia di berbagai bidang, mulai dari ekonomi, politik, sosial hingga teknologi.

Farrah Nurul Fatimah, misalnya. Sebagai Product Design Lead Tokopedia, ia menjadi salah satu perempuan pemimpin yang mendorong lahirnya berbagai inovasi di Tokopedia untuk mempermudah kehidupan masyarakat.

Baca Juga:
Ucapan Selamat Hari Kartini Jadi Trending Topic Twitter

Ketertarikan Farrah pada dunia teknologi meningkat saat bergabung dengan Tokopedia pada 2013 sebagai web designer. “Saat itu, web designer Tokopedia hanya 3 orang. Kami bertanggung jawab mengembangkan website Tokopedia agar mudah digunakan masyarakat,” jelas Farrah.

Farrah juga merupakan salah satu Nakama (karyawan Tokopedia) yang mengawali keberadaan produk digital di Tokopedia, seperti pembayaran pulsa, tagihan listrik dan sebagainya. Berkat terobosan ini, banyak masyarakat yang terbantu dalam memenuhi kebutuhan produk digital – dilihat dari jumlah transaksi produk digital di Tokopedia yang meningkat signifikan sejak diluncurkan.

Farrah bersama puluhan Product Design Lead Tokopedia memimpin ratusan Nakama untuk mengembangkan berbagai produk di website maupun aplikasi Tokopedia. Inovasi yang
dikembangkan termasuk fitur inbox, chat, notifikasi, halaman bantuan/pusat resolusi hingga layanan streaming, Tokopedia Play.

“Tokopedia Play menjadi terobosan di industri e-commerce yang memungkinkan penjual berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui live shopping,” tambah Farrah.
Antusiasme masyarakat terhadap konten di Tokopedia Play terlihat dari total view yang mencapai lebih dari 8 juta selama kuartal I/2021.

Farrah mengungkapkan, “Dalam menciptakan atau mengembangkan inovasi, kami terus memikirkan kebutuhan pengguna, termasuk visual dan interaksinya. Tentu juga dengan mengedepankan 3 DNA Tokopedia, yaitu Focus on Consumer, Growth Mindset dan Make it Happen, Make it Better.

Baca Juga:
Begini Cara Tim IT Enterprise Tokopedia Sukses Jalani WFH

Sebagai talenta digital perempuan Indonesia, Farrah mengungkapkan bahwa gender bukanlah penghalang untuk terus berkarya dan memaksimalkan potensi diri di berbagai bidang, yang penting punya kemauan dan kemampuan.

“Tokopedia pun terus mendorong agar setiap Nakama, tidak terkecuali perempuan, untuk terus berkembang. Tentu dengan mengedepankan ketulusan berbagi seperti seorang guru dan kerendahan hati untuk terus belajar seperti seorang murid,” ungkapnya.

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, saat ini telah menjadi rumah bagi lebih dari 6.000 Nakama yang berasal dari berbagai latar belakang. Perbandingan jumlah karyawan perempuan dan laki-laki relatif seimbang.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories