Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kembali Bersekolah Dengan Berbagai Alat Baru Dari Google for Education
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Di tengah berbagai perubahan dan ketidakpastian di dunia selama beberapa bulan terakhir, komunitas pendidikan tidak pernah goyah dalam komitmennya untuk belajar dan mendukung siswa. Di Google, kami merasa terhormat bisa mengembangkan alat yang dapat memudahkan guru, pimpinan sekolah, keluarga, dan terutama siswa yang telah bekerja keras untuk belajar dari rumah.

Sementara para pengajar di seluruh dunia mengubah praktik mengajar menjadi online, kami pun menyesuaikan alat-alat kami demi memenuhi kebutuhan mereka dalam situasi pendidikan yang baru ini. Tahun ini kami merayakan momen "kembali bersekolah" melalui The Anywhere School, sebuah acara virtual untuk merayakan pendidikan dan mengumumkan berbagai hal baru seputar Google for Education kepada ribuan penonton di puluhan negara secara global.

Terinspirasi oleh masukan Anda, kami akan membagikan informasi tentang lebih dari 50 fitur baru untuk Meet, Classroom, G Suite, dan banyak produk lainnya. Baca postingan kami yang lain untuk mempelajari fitur-fitur tersebut lebih lanjut, lalu tontonlah sesi presentasi utama, yang akan ditayangkan live selama 24 jam ke depan dan tersedia on demand jika Anda ingin menontonnya setelah itu.

Berikut ini ulasan umum mengenai hal-hal baru dari kami.

Pengalaman Meet yang lebih aman dan lebih interaktif

Sebelumnya tahun ini, kami mengumumkan sejumlah fitur baru Google Meet untuk mempermudah pengajar dalam memoderasi kelas dan meningkatkan interaksi. Hari ini kami akan membagikan lebih banyak detail tentang fitur-fitur tersebut serta waktu peluncurannya, antara lain:

  • Pada bulan September, kami akan menyediakan tata letak bersusun dengan tampilan lebih besar yang dapat menampilkan hingga 49 orang dan papan tulis Jamboard terintegrasi untuk mendukung kolaborasi. Kami juga akan meluncurkan beberapa kontrol baru sehingga moderator dapat memilih untuk selalu menjadi yang pertama bergabung, mengakhiri rapat atau kelas untuk semua peserta, menonaktifkan chat selama rapat atau kelas, dan banyak lagi.
  • Pada bulan Oktober, kami akan meluncurkan latar belakang kustom dan buram untuk memberikan privasi ekstra. Sesi kerja kelompok dan pemantauan kehadiran juga akan diluncurkan untuk semua pelanggan Google Enterprise for Education, memungkinkan kelas menjadi lebih interaktif dan memberikan data yang bermanfaat tentang partisipasi.
  • Berikutnya pada tahun ini, kami akan meluncurkan fitur "mengacungkan tangan" bagi semua pelanggan serta fitur tanya jawab dan jajak pendapat bagi pelanggan G Suite Enterprise for Education. Selain itu, kami akan meluncurkan fitur perekaman sementara yang akan tersedia gratis bagi semua pelanggan Education (perekaman premium akan masih menjadi bagian dari G Suite Enterprise for Education).

Dukungan lebih baik bagi siswa, pengajar, dan admin di Classroom

Dengan bertambah pesatnya jumlah pengajar di seluruh dunia yang menggunakan Classroom, kami ingin menjadikan Classroom lebih mudah digunakan dan lebih efisien dengan fitur-fitur baru.

  • Widget daftar tugas baru di halaman Kelas akan membantu siswa melihat tugas yang akan datang, yang terlewatkan, dan yang sudah dinilai.
  • Pengajar sekarang dapat membagikan link kepada siswa agar mereka dapat bergabung ke kelas dengan lebih mudah.
  • Classroom akan segera tersedia dalam 10 bahasa tambahan, dengan total 54 bahasa.

Classroom juga memberi Anda akses ke laporan keaslian, yang sekarang telah sangat disempurnakan. Misalnya, pengajar tak lama lagi akan dapat menjalankan pemeriksaan keaslian lima kali per kelas (sebelumnya maksimal tiga kali). Dan dengan G Suite Enterprise for Education, pengajar akan dapat mendeteksi kemungkinan plagiarisme tidak hanya dari konten online tetapi juga antar-hasil pekerjaan siswa di sekolah mereka.

Kami memberi admin lebih banyak alat yang efektif untuk mengelola G Suite dan Classroom. Misalnya, pimpinan sekolah yang memiliki lisensi Enterprise akan memiliki visibilitas yang lebih besar mengenai penggunaan Classroom melalui dasbor Data Studio baru, yang memungkinkan admin melihat kelas yang sedang aktif, mengukur penggunaan fitur, serta memantau tingkat keterlibatan pengajar dan siswa. Untuk mendukung pengajar dan admin, kami mempermudah sinkronisasi nilai Classroom dengan Sistem Informasi Siswa (SIS) yang Anda gunakan, dimulai dengan Infinite Campus dan akan mencakup SIS lainnya. Baca lebih lanjut untuk detail selengkapnya mengenai berbagai fitur baru Classroom.

Sempurnakan sistem manajemen pembelajaran Anda dengan Assignments

Produk terbaru kami bagi non-pengguna Classroom adalah Assignments, sebuah aplikasi untuk sistem manajemen pembelajaran (atau Learning Management System, LMS) Anda yang memberi pengajar cara yang lebih cepat dan lebih mudah untuk membagikan, menganalisis, dan menilai tugas siswa. Aplikasi penghemat waktu ini memungkinkan pengajar untuk secara otomatis membuat dan membagikan salinan tugas kelas yang dipersonalisasi ke folder Google Drive milik setiap siswa, memberikan masukan dengan cepat, dan terus memberikan nilai secara konsisten dan transparan dengan laporan keaslian. Assignments kompatibel dengan LMS apa pun yang mendukung LTI 1.1 dan yang lebih tinggi, seperti Canvas, Schoology, Blackboard, dan banyak lagi.

Sumber informasi dan alat baru untuk terus mendukung keluarga

Saat banyak orang tua dan wali mendukung kegiatan belajar anak-anak mereka dari rumah tahun ini, kami mendengar adanya kebutuhan akan lebih banyak sumber informasi dan pelatihan bagi keluarga mengenai alat-alat Google. Untuk itu, kami telah menyusun Tech Toolkit for Families and Guardians, yang akan membantu orang tua untuk lebih memahami teknologi yang digunakan anak-anak mereka di ruang kelas. Selain itu, kami telah menambahkan akun sekolah ke Chrome OS sehingga siswa dapat mengakses Classroom dan file sekolah mereka secara lebih aman dengan perlindungan Family Link. Kami akan membagikan lebih banyak lagi info baru tentang produk untuk keluarga di sini.

Yang terakhir, di Teacher Center, pengajar dapat menemukan pelatihan, sumber informasi, dan program pengembangan profesional seperti program Certified Coach untuk mendukung mereka dalam menggunakan berbagai alat dan fitur kami di ruang kelas.

Maju sama-sama

Masih ada banyak info yang ingin kami bagikan kepada Anda tentang berbagai hal baru seputar Google for Education. Untuk mengetahui selengkapnya, sempatkan waktu untuk menonton sesi presentasi utama dari acara The Anywhere School.

Yang terpenting, terima kasih sudah menjadi partner kami. Kami sangat menghargai semua masukan yang Anda berikan, dan kami akan terus mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan unik saat ini. Dengan bekerja bersama, kita bisa memberikan pendidikan yang layak kepada para siswa, di mana pun mereka belajar.

SHARE:

Kolaborasi Google dan BSSN Perkuat Pertahanan dan Keamanan Siber Nasional Berteknologi AI

Mantan Engineer Google Terciduk Curi 500 File Rahasia Dagang AI