Technologue.id, Jakarta – Sayang sekali, Infinix telah mencoreng namanya sendiri. Vendor yang berkantor pusat di Hong Kong itu kedapatan menjual bebas smartphone dengan izin yang tidak sesuai di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terpaksa mengambil langkah ini karena smartphone dengan tipe X603 tersebut didaftarkan sebagai ponsel 3G. Faktanya, Zero 5, nama populernya, juga mendukung jaringan 4G LTE, sehingga tidak sesuai dengan persyaratan teknis.

Baca juga:

Infinix Pamer Pusat Produksi Smartphone Hot S3 di Indonesia

“Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka sertifikat perangkat pesawat telepon seluler merek Infinix tipe X603 nomor 52139/SDPPI/2017 atas nama PT. Bejana Nusa Agung dibekukan dan dinyatakan tidak berlaku,” tulis Kemkominfo dalam keterangan resminya (05/04/2018).

Kemkominfo Minta Infinix Tarik Zero 5, Ini Alasannya
Infinix Zero 5 (source: Infinix)

Dengan keluarnya penalti ini, PT. Bejana Nusa Agung harus menarik Zero 5 dengan sertifikat 52139/SDPPI/2017 yang telah mereka distribusikan ke masyarakat dan melaporkan hasilnya ke Menkominfo, Rudiantara. Namun sertifikat Infinix Zero 5 dengan 54666/SDPPI/2018 yang mereka daftarkan beberapa waktu setelah sertifikat pertama keluar tetap boleh beredar, karena sertifikasinya sudah sesuai dengan spesifikasi produknya.

Baca juga:

Infinix Tak Gentar Hadapi Persaingan Ketat di Industri Smartphone

Putusan Kemkominfo ini diambil setelah menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait diperjualbelikannya Infinix Zero 5 via Lazada Indonesia. Salah satu netizen yang berkontribusi atas laporan ini adalah reviewer gadget @herrySW. Menurut Herry, ada unit Infinix Zero 5 yang datang dengan boks bertuliskan “Made in China”.

Baca juga:

Cicipi Infinix Zero 5, Ini Rasanya

Infinix Zero 5 pertama kali diluncurkan secara global November 2017. Spesifikasinya terbilang menggiurkan, karena konsumen bisa mendapatkan ponsel dengan dual-camera 12MP dan 13MP di belakang dengan fitur 10X digital zoom + 2X optical zoom, kamera selfie 16MP, chipset MediaTek Helio P25, RAM 6GB, ROM 64GB, serta baterai 4.350mAh. Di Lazada.co.id, gawai 5,98 inci itu diperdagangkan dengan harga Rp3,5 juta.