Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kena Ransomware, Pakar IT: Pemerintah Harus Evaluasi PDN
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Sistem Imigrasi bandara Soekarno-Hatta mengalami masalah pada Kamis, 20 Juni 2024 berakibat panjangnya antrean yang ingin melakukan proses imigrasi. Menurut laman media sosial X milik Ditjen Imigrasi, gangguan ini dikarenakan adanya masalah pada server Pusat Data Nasional (PDN).

Gangguan tidak hanya menimpa Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta saja namun mengganggu seluruh kantor Imigrasi di Indonesia. Kini, diketahui bahwa gangguan tersebut terkait dengan serangan ransomware, seperti dikonfirmasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sebelum BSSN mengonfirmasi jenis serangan cyber ini, pakar keamanan siber Pratama Persadha menduga bahwa ini benar akibat ulah ransomware.

Baca Juga:
Server Pusat Data Nasional Kena Ransomware, Pelaku Minta Tebusan Rp131 Miliar

"Jika melihat dari pola gangguan yang terjadi, ada kemungkinan jika masalah yang terjadi pada PDN disebabkan karena serangan siber dengan metode ransomware, seperti hal nya yang menimpa Bank Syariah Indonesia sebelumnya," ujar Pratama.

Ia mengamati bahwa masalah yang dihadapi oleh PDN jika merupakan masalah teknis tentu tidak akan memakan waktu selama itu. Menurutnya, masalah suplai listrik bisa segera diatasi dengan menggunakan catuan listrik dari gardu lainnya atau menggunakan genset untuk catuan sementara.

Demikian juga jika yang bermasalah koneksi internet seperti putusnya kabel fiber optik yang masuk ke dalam PDN, masih bisa ditanggulangi dengan cepat menggunakan koneksi radio Point-to-Point yang memiliki bandwidth besar.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Faktor Ini yang Bikin Ponsel Lipat Semakin Bergairah di Indonesia

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat