Kenapa Nge-charge Pakai Port USB di Dashboard Mobil Itu Percuma?

Kenapa Nge-charge Pakai Port USB di Dashboard Mobil Itu Percuma?
Ilustrasi mengisi daya smartphone (source: pexels.com)

Technologue.id, Jakarta – Satu hal yang kurang menyenangkan sebagai pemilik ponsel pintar adalah baterainya yang tiba-tiba habis di momen-momen genting. Makin sulit lagi apabila Anda sedang mengendarai mobil dan terjebak macet di tengah perjalanan. Sebab, walaupun di dashboard mobil terdapat port USB, mengisi smartphone Anda melalui port tersebut adalah perbuatan yang sia-sia.

Baca juga:

Tahukah Anda Kalau Mark Zuckerberg Punya “Kekuatan Super”?

Mengapa bisa demikian? Dari pemaparan DigitalTrends (02/09/17), realitanya port USB dalam mobil tidak mampu memasok tenaga yang cukup untuk mengisi baterai gadget.

Alasannya, pada umumnya output dari konektor tersebut hanya 0,5A. Padahal untuk mengisi daya gadget, terlebih ponsel kekinian yang termasuk kelas premium, dibutuhkan output 2A supaya pengisian dayanya bisa cepat selesai.

Baca juga:

Huawei Resmikan Prosesor Mobile yang Mampu Dukung AI, Apa Hebatnya?

Hal ini sebenarnya tak sepenuhnya salah produsen mobil itu sendiri. Karena port USB pada mobil memang tidak diperuntukkan untuk mengisi baterai gadget Anda. Output 0,5A sendiri faktanya sudah cukup untuk memberi power pada flash disk Anda untuk memutar file MP3 yang tersimpan di sana.

Kendati demikian, kini sudah ada produsen otomotif telah memberikan port USB dengan output 2A, misalnya Acura. Namun tentu saja, peredarannya amat terbatas terlebih di Indonesia. Mungkin ke depannya, port USB pada dashboard akan dipercanggih, walaupun belum bisa dipastikan kapan masa itu tiba.

Baca juga:

Mau Mengiklankan Bisnis Anda dengan Efektif? Coba Telkomsel MyAds!

Dari sini, setidaknya ada pelajaran yang bisa diambil bersama. Ketimbang memanfaatkan port USB untuk keperluan mendesak dengan smartphone Anda, contohnya menggunakan GPS ketika sedang tersesat dengan kondisi baterai yang lemah, baiknya selalu siagakan power bank atau baterai cadangan.

Atau, Anda bisa memaksimalkan pemantik api pada mobil yang output-nya umumnya sebesar 1A. Sekarang, sudah ada beragam produk di platform e-commerce berupa port USB tambahan yang menggunakan slot lighter pada mobil dengan harga yang relatif terjangkau. Tentunya, ini bisa jadi solusi terbaik bagi Anda yang lebih memilih mengisi daya smartphone ketimbang menyalakan rokok ketika tengah mengemudi.