Keren! Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibekali Teknologi 5G – Technologue
Keren! Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibekali Teknologi 5G

Keren! Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibekali Teknologi 5G

Telkomsel Optimalisasi Jaringan di Tol Japek II
Telkomsel Optimalisasi Jaringan di Tol Japek II (Tangguh Yudha Ramadhan / Technologue.id)

Technologue.id, Karawang – Telkomsel nyatakan kesiapannya menerapkan teknologi 5G di jalur tol Jakarta – Cikampek (Japek) 2 Elevated. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Awal R Chalik, General Manager Network Operation Center Telkomsel pada Jumat (20/12/2019) di Karawang, Jawa Barat.

Menurutnya, seluruh infrastruktur Telkomsel sebenarnya sudah siap untuk implementasi teknologi 5G. “Infrastruktur Telkomsel yang sekarang ada itu sudah ready 5G, tinggal dihidupkan aja, secara teknis semudah itu,” tambahnya.

Namun ia mengatakan semua itu masih menunggu regulator, pihaknya bersama semua stakeholder telah menjalin komunikasi untuk sama sama mencari solusi dalam implementasi teknologi 5G.

Baca juga:

Persiapan Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik Data Jelang Libur Akhir Tahun

Baru-baru ini Telkomsel melakukan serangkaian peningkatan kapasitas base transceiver station (BTS) di sepanjang jalur tol Japek untuk menjamin kelancaran layanan telekomunikasi pelanggannya. Upaya tersebut meliputi penambahan 67 unit BTS baru yang seluruhnya menggunakan teknologi multi-band Long Term Evolution (LTE).

Selain itu, Telkomsel juga melaksanakan Drive Test di sepanjang jalur tol Japek untuk membuktikan kekuatan sinyal, kualitas sinyal, dan kapasitas sinyal yang menunjukan hasil 99,35%.