Technologue.id, Jakarta – Untuk mempersiapkan masa libur natal dan tahun baru (Nataru), Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan koordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di lokasi yang menjadi titik keramaian saat perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kesiapan infrastruktur jaringan yang dilakukan oleh operator telekomunikasi adalah sebagai berikut:

Telkomsel
Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh jaringan di 533 titik dengan menyediakan 82 Mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, di mana 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

Selain itu, operator anak perusahaan Telkom Group itu juga akan menyiagakan 324 Mobile GRAPARI (MoGI) dan 3.716 outlet siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

Kemudahan pelanggan dapat dijangkau melalui layanan pesan instan, layanan self service GraPARI virtual yang siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7×24 jam yang dapat diakses melalui aplikasi My Telkomsel, LINE, Telegram, dan Facebook Messeger Telkomsel.

Terlepas dari kesiapan segi layanan dan jaringan, Telkomsel pun menghadirkan Roadshow Natal dan tahun baru (Naru) yang akan memberikan bantuan kepada 2.500 masyarakat yang membutuhkan, 2.500 anak panti asuhan dan 40 tempat ibadah atau Yayasan sosial di empat kota di seluruh Indonesia (Pekanbaru, Bogor, Malang, dan Pontianak).

Baca Juga:
Sambut Libur Akhir Tahun, XL Axiata Optimalkan Jaringan

XL Axiata
Selain mengerahkan 30 Mobile BTS, XL Axiata juga melakukan pengecekan jaringan/pengukuran QoS di : 300 titik pusat keramaian/POI (airport, tempat wisata, bis, stasiun, pelabuhan, mall tempat-tempat ibadah, pusat perayaan tahun baru), 3 jalur kereta (Jakarta-Surabaya jalur utara, Sby-Jakarta jalur selatan, Medan Kualanamu Airport-Medan), hingga 7 jalur tol (jak-Bogor, Jak-Sby, Sby-Malang, Jak-Merak, Bakauheni-Palembang, Medan-KNIA dan Medan-Tebing).

Tak ketinggalan, akan ada patroli dan pengecekan jalur-jalur fiber utama bersama dengan semua partner untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar.