Technologue.id, Jakarta – Salah satu kegunaan media sosial adalah sebagai tempat untuk mengunggah foto-foto atau video. Di era teknologi maju seperti ini menyimpan foto dalam album berbentuk fisik rasanya sudah tidak praktis lagi. Oleh karena itu beragam platform media sosial menyediakan fitur album, sebagai tempat untuk menyimpan memori dan juga memperbesar kemungkinannya untuk dilihat oleh teman atau kolega Anda.

Oleh karena itu dibutuhkan gadget yang mumpuni untuk bisa memberikan hasil foto dalam bentuk digital dengan kualitas bagus. Kamera smartphone juga kini sudah menjadi andalan orang banyak dalam mengabadikan momen dalam hidup. Selain praktis, kamera smartphone juga tergolong lebih terjangkau ketimbang harus membeli dan membawa dua gadget ke mana-mana. Jujur saja seberapa banyak dari Anda yang masih membawa smartphone dan kamera saat bepergian?

Berdasarkan pemahaman itu dan kenyataan di pasar, realme baru-baru ini meluncurkan smartphone realme X. Ponsel yang dijual dengan harga resmi mulai dari 3,5 juta kurang seribu itu sudah dibekali sensor kamera kelas atas.

Memang yang paling menonjol saat melihat smartphone ini adalah kamera depannya yang pop-up alias bisa disembunyikan jika tidak digunakan. Tapi sebenarnya kamera belakang juga tidak kalah hebat. Realme X dipasangkan kamera belakang berkonfigurasi dual dengan resolusi 48MP sebagai pembidik utama dan 5MP sebagai pembidik sekunder yang bisa berfungsi sebagai fitur optical zoom atau pengukur kedalaman dalam mode bokeh.

Kamera 48MP-nya dipercayakan ke sensor Sony IMX586 dengan ukuran sensor besar yakni 1/2.0 inci. Bukaannya juga besar yaitu f/1.7 yang dilengkapi dengan teknologi khusus bernama Quad Binning Pixel. Dengan peningkatan ukuran piksel tunggal menjadi 1.6um, maka bisa menghasilkan foto yang terang meski diambil di lingkungan redup.

Lalu bagaimana menghasilkan foto yang ciamik hanya dengan mengandalkan kamera realme X? Sederhananya saja, Anda bisa mempercayakan pemotretan dalam kondisi apapun dengan kamera utamanya. Mau memotret foto apapun, bisa dipastikan hasil foto akan terlihat tajam dan tidak akan pecah-pecah jika diperbesar atau dicetak dalam ukuran besar. Ini tentunya berkat keberadaan mode pemotretan dalam resolusi 48MP. Sebuah ukuran yang sangat besar dalam kelas kamera smartphone.

Kemudian mau adegan apapun, kecerdasan AI yang tertanam dalam chipset Snapdragon 710 AIE realme X bisa mendeteksi secara pintar pengaturan terbaik untuk foto. Mau membelakangi cahaya sekalipun, AI secara cepat bisa menentralkan komposisi cahaya dan tetap menghasilkan foto yang seimbang, bahkan lebih baik dari yang diperkirakan.

Jika ingin memotret makanan atau pemandangan dengan tone warna yang lebih cerah, terdapat sebuah mode bernama Chroma Boost. Mode yang bisa meningkatkan tingkatan warna dan detail pada foto.

Kemudian jika menghadapi tantangan tersulit bagi kamera digital, yaitu memotret foto di malam hari, Anda bisa memanfaatkan mode Nightscape. Rasio cahaya yang tinggi pada pemandangan di malam hari biasanya mempersulit kinerja sensor kamera dalam mengatur komposisi pengaturan dari tiap parameter.

Melalui mode Nightscape, AI bersama sensor IMX586 yang memang sudah ahli menerangkan hasil bidikan di realme X, akan memastikan hasil foto yang maksimal. Melalui mode ini Anda bisa berharap akan hasil yang jernih, area yang gelap dan terang lebih seimbang, noise yang sangat sedikit, serta warna yang tetap natural. Bahkan kini di realme X performa mode Nightscape jauh lebih baik lagi, dengan kemampuan menahan goncangan yang lebih baik serta pemrosesan yang lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Jadi untuk rahasia hasilkan foto ciamik, yang bisa dengan bangga Anda pamerkan di media sosial, sebenarnya ada pada kamera realme X. Tidak dibutuhkan skill khusus, hanya dibutuhkan pemahaman akan fitur-fitur yang ada dan Anda telah siap untuk mengabadikan momen-momen terbaik. Terlebih tidak perlu takut kehabisan memori, karena realme X masuk ke Indonesia dengan kapasitas memori super besar yakni 128GB. Menyimpan ribuan foto tidak lagi masalah.